Tesla Semis kini dijadwalkan meluncur pada 2020. Tesla Motors
Tesla Semis kini dijadwalkan meluncur pada 2020. Tesla Motors

Mobil Listrik

Gara-Gara Baterai, Truk Listrik Tesla Tertunda Hingga 2020

Otomotif mobil listrik tesla
Ekawan Raharja • 17 Juni 2019 12:50
Sillicon Valley: CEO Tesla Motors, Elon Musk, mengumumkan adanya perubahan jadwal peluncuran sub merek Iorry sebagai produsen truk listrik. Nantinya kendaraan komersial ini baru akan diperkenalkan pada 2020.
 
Pria berjuluk Ironman ini menjelaskan bahwa masalah suplai baterai menjadi masalah utama penundaan jadwal peluncurannya. Di rapat pemegang saham tahunan, Elon Musk berjanji akan segera mengatasi masalah ini dengan meningkatkan kapasitas produksi secepat mungkin. Kemudian dia juga menyebutkan salah satu solusinya adalah melebarkan bisnis ke usaha tambang.
 
"Tidak ada gunanya meningkatkan kompleksitas produk jika kita tidak memiliki cukup baterai," ujar Elon Musk seperti dilansir dari Carscoops.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski tertunda yang sedianya meluncur 2019 menjadi 2020, konsumen tetap bisa memesan truk listrik Semis. Tercatat sudah ada beberapa perusahaan besar yang memesan truk ini seperti Walmart, UPS, dan FedEx.
 
Gara-Gara Baterai, Truk Listrik Tesla Tertunda Hingga 2020
 
Soal harga, truk dari Tesla Motors ini juga tidak terbilang murah. Harga Semis dimulai dari USD150 ribu untuk varian 300 mil (482 km) atau sekitar Rp2,1 triliun, dan USD18 ribu untuk versi 500 mil (804 km).
 
Truk semi listrik garapan Tesla itu pun diklaim sarat berbagai teknologi inovatif. Salah satunya adanya fitur semi-otonom yang disebut 'Tesla's Enhanced Autopilot'. Selain itu ada juga fitur pengingat agar pengemudi bersitirahat setelah mengemudi selama 8 jam.
 
Tesla mengklaim jika truknya sebagai salah satu kendaraan yang teraman di jalan, karena dilengkapi dengan berbagai sistem keselamatan, seperti sistem kontrol stabilitas yang mencegah jacknifing, kamera surround-view, automatic emergency braking, lane keep assist dan lane departure warning.
 
Powertrain Tesla Semi didukung oleh four Model 3 motors (satu untuk setiap roda), yang dapat memberikan daya jangkau sejauh 500 mil atau sekitar 800 km, hanya dengan sekali pengisian. Sayangnya Tesla tidak mengungkapkan ukuran dan jenis baterai yang digunakan, sehinggan output dayanya tidak diketahui.
 
Di dunia otomotif, Mitsubishi Fuso juga meriset truk listrik dengan nama e-Canter. Bahkan truk listrik produksi Jepang ini sudah masuk jalur produksi.
 
E-Canter sebagai truk konsep sudah pernah tampil di Hanover Motor Show pada September 2016. Kendaraan komersial ini di rancang untuk kebutuhan pengantaran barang di dalam perkotaan.
 
Motor listrik yang digunakan sanggup menghasilkan tenaga 173 daya kuda dan torsi 669 Nm dan dikawal dengan enam baterai. Truk ini memiliki jarak tempuh hingga 100 kilometer dengan kondisi baterai penuh.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif