Jaga keselamatan berkendara mulai dari hal sepele. Istimewa
Jaga keselamatan berkendara mulai dari hal sepele. Istimewa

Waspada Pakai Karpet Mobil Aftermarket, Pedal Gas Bisa Nyangkut!

Otomotif safety driving
M. Bagus Rachmanto • 11 Juni 2019 08:17
Jakarta: Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan bermotor baik mobil dan sepeda motor bisa terjadi pada semua pengendara, baik usia muda maupun yang telah bepengalaman. Pemicu kecelakaan di jalan raya pun beragam.
 
Bahkan terkadang kecelakaan yang terjadi akibat hal sepele. Seperti contoh kasus kecelakaan tunggal mobil yang satu ini, diduga terjadi di Medan, Sumatera Utara. Diketahui penyebabnya gara-gara pedal gas yang tersangkut karpet mobil.
 
Akun Twitter @bondan_kenturi mengunggah video pendek kecelakaan tersebut, lantaran pedal gas tersangkut karpet sehingga pengemudi tidak bisa mengendalikan mobilnya, karena mobil tetap melaju meski pedal gas tak lagi diinjak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Waspada Pakai Karpet Mobil Aftermarket, Pedal Gas Bisa Nyangkut!
 
"Buat yang Nyetir arus balik Lebaran atau siapapun selalu perhatikan karpet mobil . Demi keselamatan bersama," tulisnya dalam akun Twitter @bondan_kenturi, Kamis 6 Juni 2019.
 
Video berdurasi pendek tersebut juga memperlihatkan kondisi mobil yang mengalami kerusakan parah, terutama pada bagian depan. Termasuk posisi pedal gas yang tersangkut karpet, dan menggangu ruang gerak kaki pengemudi.
 
Instruktur Safety Driving sekaligus owner Rifat DriveLabs, Rifat Sungkar menegaskan bahwa membeli aksesoris untuk kendaraan, sebaiknya juga memperhatikan secara detaik setelah dipasang. Terutama dari sisi keselamatan berkendara.
 
"Contohnya banyak, bukan cuma karpet mobil yang kemungkinan bisa membuat pedal gas tersangkut, namun juga hal-hal lain seperti wiper yang terlalu tebal sehingga membuat washer (semprotan air ke kaca mobil) terhalang dan masih banyak lagi yang lain. Karena ini semua didesain sesuai dengan pola keamanan dan kenyamanan berkendara. Kalau diganti dengan komponen aftermarket, ya wajib memperhatikan hal-hal tersebut," klaim Rifat.
 
Agar lebih aman dan nyaman saat berkendara, sebaiknya menempatkan kaki sesuai fungsi/tugasnya di pedal-pedal pengoperasian mobil, itu adalah tindakan terbaik. Sehingga tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Kemudian tidak menggunakan aksesoris yang bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Lihat video di sini.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif