Pengecasan nirkabel BMW memanfaatkan induksi magnetik. BMW
Pengecasan nirkabel BMW memanfaatkan induksi magnetik. BMW

BMW Mulai Terapkan Pengisian Baterai Nirkabel buat Mobil Listrik

Otomotif teknologi otomotif mobil baru mobil listrik bmw
Ekawan Raharja • 13 Agustus 2019 14:42

California: BMW terus menghadirkan beragam mobil listrik untuk meningkatkan penjualannya. Selain menghadirkan berbagai jenis mobil, merek asal Jerman ini juga tidak ketinggalan membuat inovasi di sistem pengecasan dengan menggunakan teknologi nirkabel atau wireless.
 
Rival dari Mercedes-Benz dan Audi ini sedang melakukan uji coba pengecasan nirkabel di California, Amerika Serikat, seperti dikutip dari situs Digital Trends. Nantinya teknologi ini bisa digunakan untuk semua pemilik kendaraan listrik, dan akan mempermudah para pemilik kendaraan listrik mengisi daya baterai.
 
Untuk sekarang ini, pengecasan nirkabel ini baru bisa digunakan untuk BMW 530e plug-in hybrid (PHEV). Cara pengecasan cukup mudah dengan memarkirkan mobil di atas pad pengecasan nirkabel, dan baterai akan terisi sendirinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BMW Mulai Terapkan Pengisian Baterai Nirkabel buat Mobil Listrik
 
Alat pengisian daya nirkabel itu menggunakan daya listrik 220 volt. Bahkan alat ini sudah memiliki kemampuan fast charging yang mampu membuat baterai terisi penuh hanya dalam waktu 3,5 jam.
 
Sistem di mobil akan terintegrasi dengan pad untuk menghasilkan medan magnet guna mengisi baterai mobil. Seluruh proses pengisian bisa dipantau melalui aplikasi yang bisa diunduh.
 
Saat ini teknologi pengecasan nirkabel ini baru melakukan uji coba di California Amerika Serikat. Bagi konsumen yang ingin merasakan dan berpartisipasi di program uji coba ini, BMW menyediakan 200 unit mobil untuk disewakan selama 36 bulan.
 
Syaratnya untuk menyewa serta berpartisipasi peserta harus memiliki garasi tertutup dan bertempat tinggal di California. Qmerit yang merupakan penyedia jasa instalasi pengisi daya kendaraan listrik, akan bertanggung jawab pada pemasangan alat. BMW nantinya akan bertanggung jawab pada perawatan dan pencopotan ketika masa sewa selesai.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif