Memilih bengkel umum, wajib yang punya kualitas pengerjaan bagus. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Memilih bengkel umum, wajib yang punya kualitas pengerjaan bagus. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Industri Otomotif

Persaingan Bisnis Bengkel Umum Kian Menggeliat

Otomotif industri otomotif bengkel mobil
M. Bagus Rachmanto • 31 Juli 2019 17:31
Tangerang: Tak jarang pemilik kendaraan merasa kurang puas servis kendaraannya di bengkel resmi. Bukan karena prosesnya yang mereka anggap terlalu standar, namun nilai plus di beberapa bengkel resmi brand tertentu memang tak mereka dapatkan hingga harga servis yang relatif lebih murah.
 
Kalau sudah begini, pastinya bengkel umum akan jadi patokan. Terlebih mereka yang bisa memberikan jaminan layanan, harga hingga beberapa nilai plus lain yang biasanya diberikan dengan permintaan khusus di bengkel resmi.
 
"Terkadang mereka yang ingin mendapatkan pelayanan yang lengkap seperti di bengkel resmi, akan mencari bengkel umum yang memang punya kualitas bagus. Untuk itulah kami menambah satu outlet lagi di area Kota Tangerang. Selain itu, kami juga melihat potensi pasar untuk mengembangkan CARfix serta melihat bahwa adanya kebutuhan akan layanan servis mobil yang berkualitas di daerah ini," ujar Chief of Administration Support PT Meka Adipratama, Joko Cahyono saat ditemui medcom.id pada Rabu (31/7/2019) saat pembukaan cabang baru CARfix di Karawaci, Tangerang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia melanjutkan bahwa sebuah bengkel umum memang wajib memberikan yang terbaik seperti layanan dengan standarisasi tinggi, lalu harga komponen yang bersaing dan keaslian komponen itu sendiri. Lantaran kalau tak memiliki poin-poin seperti itu, maka sebuah bengkel umum akan sulit bersaing.
 
Persaingan Bisnis Bengkel Umum Kian Menggeliat
 
Lalu ada pula yang berpendapat soal garansi mesin yang kemungkinan akan gugur jika diservis di tempat lain ketimbang di bengkel resmi, menurutnya itu cerita berbeda. Tapi bagi mereka yang ingin rekam servisnya tetap ada, bisa mengunggah layanan yang ada melalui aplikasi yaitu Carworld.
 
Selain menjadi outlet kedua di Kota Tangerang, CARfix Karawaci merupakan outlet ke-19 di seluruh Indonesia. Bengkel mobil di bawah induk perusahaan PT Meka Adipratama ini memastikan fasilitas dan layanan service yang telah lengkap sesuai standar layanan yang ditawarkan CARfix.
 
"Untuk meperkenalkan layanan CARfix Karawaci, kami memberikan layanan service komplit mulai 500 ribuan meliputi tune up, spooring 3D, balancing, rotasi, general check dan servis lainnya," pungkas joko.
 
Upaya bengkel yang awalnya berbasis di Jawa Tengah itu untuk membuka jaringan luas, memang mulai menghasilkan. Mengingat di Indonesia, jaringan bengkel umum yang memang punya kualitas bagus, masih cukup terbatas. Beberapa bengkel umum yang ada, justru masih tampil dengan penampakan yang belum dimodernisasi. Sehingga membuat konsumen enggan untuk mampir kecuali memang hasilnya sudah terbukti.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif