Mesin Nettuno menjadi satu-satu mesin yang dikembangkan oleh Maserati sekarang ini. Maserati
Mesin Nettuno menjadi satu-satu mesin yang dikembangkan oleh Maserati sekarang ini. Maserati

Teknologi Otomotif

Mesin Nettuno Jadi Jati Diri Baru Maserati

Otomotif teknologi otomotif maserati
Ekawan Raharja • 10 Juli 2020 11:06
Italia: Selama ini Maserati selalu menghadirkan mobil-mobil dengan mengandalkan mesin-mesin produksi Ferrari. Kini merek mobil premium asal Italia itu sudah memiliki jati diri baru melalui mesin Nettuno.
 
Untuk pertama kalinya sejak 20 tahun, pabrikan Modena itu memperkenalkan sebuah mesin yang dikembangkan sendiri. Diberi nama Nettuno karena memiliki konfigurasi V6 3.000 cc dan mengadopsi pre-chamber combustion yang dipakai mesin F1 dengan busi ganda.
 
Mesin V6 Maserati yang dibekali teknologi induksi twin-turbo mampu melontarkan tenaga 630 daya kuda @ 7.500 rpm dengan torsi 730 Nm @ 3.000-5.000 rpm. Putaran maksimalnya bisa mencapai 8.000 rpm dan urutan pembakarannya adalah 1-6-3-4-2-5.
 
Jelas ini adalah sebuah mesin yang luar biasa. Mengingat tenaga yang diberikan dan teknologi yang ditawarkan tergolong canggih.
 
Kemungkinan debut perdana mesin ini akan menempel di Maserati MC20 yang diluncurkan tanggal 9-10 September 2020. Setelah dipakai MC20, mesin ini akan hadir ke mobil sport baru Maserati beserta SUV lainnya.
 
Maserati memiliki rencana untuk memberikan penyegaran kepada Ghibli, Quattroporte, dan Levante di tahun ini. Sedangkan tahun 2021 akan hadir GranTurismo generasi terbaru, SUV kedua Maserati, dan sportcar cabrio yang diprediksi adalah MC20 Spider.
 
Tahun 2022, Maserati siapkan suksesor GranCabrio dan Quattroporte. Lalu pada 2023 generasi terbaru Levante akan muncul. Selain itu, elektrifikasi juga akan jadi masa depan dari skuat Modena.
 
Kira-kira mobil apa saja yang akan mengusung mesin ini?
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif