Semarang: Sebulan pasca peluncuran All New Kijang Innova Zenix, Toyota Indonesia kini mengajak jurnalis otomotif untuk menjajal langsung performa serta kenyamanan yang ditawarkan generasi terbaru dari model legendaris Toyota tersebut pada tanggal 20-21 Desember 2022.
Banyak hal menarik pada Kijang teranyar ini. Pasalnya, 45 tahun lamanya, Toyota Kijang mengandalkan struktur ladder-on-frame dengan penggerak roda belakang. Namun kini Kijang bertransformasi menjadi kendaraan Cross-MPV dengan penyempurnaan dari sisi kenyamanan, fitur canggih, serta teknologi elektrifikasi lewat varian Hybrid.
Kijang Innova Zenix dikembangkan dari platform Toyota New Global Architecture (TNGA): GA-C dengan struktur monocoque. Dengan struktur baru ini, engineer Toyota bisa menyematkan beragam teknologi terbaru pada Kijang Innova Zenix baik model gasoline maupun versi hybrid.
"Platform baru menciptakan ruang untuk meningkatkan performance, fuel consumption, ride quality, dan handling, serta kian ramah lingkungan. Untuk meyakinkan pelanggan bahwa MPV keluarga ini tetap setangguh pendahulunya," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.
Redaksi Medcom.id berkesempatan menjajal langsung Kijang Innova Zenix selama dua hari dari tanggal 20-21 Desember 2022. Adapun perjalanan dimulai dari Yogyakarta-Salatiga-Semarang-Jakarta dengan jarak tempuh kurang lebih 600 km.
Rute yang dipilih juga menyesuaikan kebutuhan pengetesan. Pihak Toyota sengaja memilih jalur yang merepresentasikan kompleksitas berkendara di Indonesia, mulai dari jalur menanjak dan menurun ala daerah pegunungan, jalur padat antar kota, jalan tol, hingga jalur kemacetan dalam kota.
Di hari pertama, kami kebagian Kijang Innova Zenix V Gasoline. Untuk varian Gasoline mengusung mesin 2.000cc bertenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm.
Platform TNGA memberikan peningkatan driving quality yang signifikan, seperti rigiditas chassis yang lebih solid sehingga mobil lebih stabil dan mudah dikendalikan.
Berat keseluruhan turun 170 kg dari model sebelumnya, sehingga makin irit bahan bakar. Power to weight ratio juga meningkat hingga 79 persen yang membuatnya lebih gesit dan responsif, khususnya saat melibas rute pegunungan Kopeng, Kabupaten Semarang.
Terkait dengan sensasi mengemudi di jalur dengan tanjakan ekstrem, jelas tidak ada kesulitan apapun. Dengan total 4 penumpang plus barang bawaan, performa mesin dan transmisi CVT mampu menyalurkan tenaga ke roda depan dengan mulus sesuai kondisi jalan dan keinginan pengemudi.
Faktor kenyamanan semakin berkesan dengan handling yang optimal serta tambahan stabilizer di belakang yang membuat mobil tidak mudah limbung.
Tak hanya itu, kekhawatiran melewati trek menurun dijawab dengan efek engine brake berkat fitur uphill/downhill shift control untuk mencegah mobil bergerak turun, serta memberikan ekstra power ketika menanjak.
Tak kalah menyenangkan, pengemudi juga bisa memainkan opsi mode manual untuk memberikan keleluasaan kepada pengemudi untuk mengeksplorasi mesin.
Di hari kedua, Medcom.id mendapat giliran menjajal Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista yang merupakan tipe tertinggi. Mesin pada model hybrid menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm, dengan tenaga gabungan 186 PS. Motor listriknya sendirinya menghasilkan daya mandiri 113 PS dan torsi 21 Kgm.
Untuk soal performa, Innova Zenix Hybrid tentunya lebih memanjakan. Hal ini tak lepas dari kombinasi mesin pembakaran dengan tambahan motor listrik yang menyalurkan tenaga ke roda depan dan di saat bersamaan juga mengisi ulang baterai motor listrik.
Sistem ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi bensin dan menekan polusi udara. Pengemudi dan penumpang tidak merasakan perbedaan apapun ketika Toyota Hybrid System (THS) Gen-5 mengatur kolaborasi antara motor bakar, motor listrik, dan baterai. Kecuali instant power yang di-develop seketika pedal gas diinjak sesuai karakter tenaga motor listrik yang konstan sejak awal.
Tak cukup itu saja, sensasi fun to drive Innova Zenix Hybrid juga dihadirkan lewat empat pilihan mode berkendara yakni Eco, Normal, Power, dan EV.
Lewat mode berkendara, pengemudi bebas mengatur output tenaga sesuai keinginan dan kebutuhan. Namun yang pasti, saat di jalan tol mode Power menjadi pilihan ideal karena memberikan hembusan tenaga yang lebih besar. Dengan mode Power, akselerasi dari 0-100 kpj juga lebih cepat dicapai.
Teknologi Toyota Safety Sense (TSS)
Selama perjalanan test drive, tim redaksi juga mencoba beragam fitur dari teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang disuntikkan ke Kijang Innova Zenix Q Hybrid.
Setidaknya, ada sederet fitur keselamatan TSS yang terdapat pada Innova Zenix Hybrid, yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB). Semua fitur dapat diaktifkan secara mudah melalui tombol dilingkar kemudi.
Dari banyak fitur yang ada, fitur-fitur yang sangat memanjakan pengemudi dan layak dicoba antara lain Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dan Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA).
DRCC memungkinkan kendaraan bisa berjalan konstan dan secara otomatis mengikuti kendaraan di depan tanpa perlu menginjak pedal gas. Mobil akan melambat dan mempercepat secara otomatis mengikuti kendaraan di depan.
Sedangkan Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA) membuat mobil tetap berada di lajur semestinya. Fitur ini juga memungkinkan setir melakukan koreksi otomatis agar mobil tidak keluar jalur.
Interior dan fitur hiburan
Sektor interior di Kijang Innova Zenix juga tak kalah bikin takjub. Desain dinamis dan modern dengan sentuhan Soft Pad menyelimuti dashboard. Tambahan layar 7 inchi TFT MID menampilkan berbagai informasi penting selama berkendara. Illumination Light Instrument Panel menambah aura premium pada bagian dashboard.
Mobil ini juga sudah menghadirkan Wireless Charge (Tipe Q HV) di konsol bagian tengah. Terdapat juga cup/bottle holder dan central storage, serta tersedia 4 USB Slot.
Sama dengan bangku baris depan, kursi baris kedua juga masih menggunakan bahan Leather sintetis dengan model Two Tone.
Pada tipe Q HV, tersedia Captain Seat dengan bangku Ottoman Electric Recline. Terdapat tambahan Leg Rest dan mode Long Recline untuk menambah kenyamanan penumpang.
Semakin mewah, varian tertinggi (Q Hybrid) memiliki Panoramic Sunroof dengan Illumination Light yang menyajikan pemandangan terbaik selama perjalanan.
Beralih ke fitur hiburan, terdapat head unit baru berukuran 10 inci untuk tipe Q dan V, lalu 9 inci untuk tipe G juga dilengkapi fitur sambungan Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, Smartphone Connectivity dan NFC E-Toll Card Checking.
Kemudian untuk penumpang pada bangku baris kedua dan ketiga akan dimanjakan dengan Dual Rear Seat Entertainment ukuran 10 inci yang bisa tersambung dengan internet yang sudah terpasang platform hiburan kekinian seperti Netflix, Spotify, hingga Youtube.
Setiap penumpang baik di sisi kiri atau kanan bisa menikmati hiburan berbeda sesuai keinginan masing-masing sehingga perjalanan jauh tetap menyenangkan.
Harga All New Toyota Kijang Innova Zenix (on the road DKI Jakarta)
Bensin
All New Toyota Kijang Innova Zenix Tipe G: Rp419 juta
All New Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V: Rp467 juta
Hybrid
All New Toyota Kijang Innova Zenix Tipe G: Rp458 juta
All New Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V: Rp532 juta
All New Toyota Kijang Innova Zenix Tipe Q: Rp611 juta
Semarang: Sebulan pasca peluncuran
All New Kijang Innova Zenix, Toyota Indonesia kini mengajak jurnalis otomotif untuk
menjajal langsung performa serta kenyamanan yang ditawarkan generasi terbaru dari model legendaris Toyota tersebut pada tanggal 20-21 Desember 2022.
Banyak hal menarik pada Kijang teranyar ini. Pasalnya, 45 tahun lamanya, Toyota Kijang mengandalkan struktur
ladder-on-frame dengan penggerak roda belakang. Namun kini Kijang bertransformasi menjadi kendaraan Cross-MPV dengan penyempurnaan dari sisi kenyamanan, fitur canggih, serta teknologi elektrifikasi lewat varian
Hybrid.
Kijang Innova Zenix dikembangkan dari platform Toyota New Global Architecture (TNGA): GA-C dengan struktur
monocoque. Dengan struktur baru ini,
engineer Toyota bisa menyematkan beragam teknologi terbaru pada Kijang Innova Zenix baik model gasoline maupun versi hybrid.
"Platform baru menciptakan ruang untuk meningkatkan
performance, fuel consumption, ride quality, dan
handling, serta kian ramah lingkungan. Untuk meyakinkan pelanggan bahwa MPV keluarga ini tetap setangguh pendahulunya," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.
Redaksi
Medcom.id berkesempatan menjajal langsung Kijang Innova Zenix selama dua hari dari tanggal 20-21 Desember 2022. Adapun perjalanan dimulai dari Yogyakarta-Salatiga-Semarang-Jakarta dengan jarak tempuh kurang lebih 600 km.
Rute yang dipilih juga menyesuaikan kebutuhan pengetesan. Pihak Toyota sengaja memilih jalur yang merepresentasikan kompleksitas berkendara di Indonesia, mulai dari jalur menanjak dan menurun ala daerah pegunungan, jalur padat antar kota, jalan tol, hingga jalur kemacetan dalam kota.
Di hari pertama, kami kebagian Kijang Innova Zenix V Gasoline. Untuk varian Gasoline mengusung mesin 2.000cc bertenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm.
Platform TNGA memberikan peningkatan
driving quality yang signifikan, seperti rigiditas
chassis yang lebih solid sehingga mobil lebih stabil dan mudah dikendalikan.
Berat keseluruhan turun 170 kg dari model sebelumnya, sehingga makin irit bahan bakar.
Power to weight ratio juga meningkat hingga 79 persen yang membuatnya lebih gesit dan responsif, khususnya saat melibas rute pegunungan Kopeng, Kabupaten Semarang.
Terkait dengan sensasi mengemudi di jalur dengan tanjakan ekstrem, jelas tidak ada kesulitan apapun. Dengan total 4 penumpang plus barang bawaan, performa mesin dan transmisi CVT mampu menyalurkan tenaga ke roda depan dengan mulus sesuai kondisi jalan dan keinginan pengemudi.
Faktor kenyamanan semakin berkesan dengan
handling yang optimal serta tambahan
stabilizer di belakang yang membuat mobil tidak mudah limbung.
Tak hanya itu, kekhawatiran melewati trek menurun dijawab dengan efek
engine brake berkat fitur
uphill/downhill shift control untuk mencegah mobil bergerak turun, serta memberikan ekstra power ketika menanjak.
Tak kalah menyenangkan, pengemudi juga bisa memainkan opsi mode manual untuk memberikan keleluasaan kepada pengemudi untuk mengeksplorasi mesin.
Di hari kedua,
Medcom.id mendapat giliran menjajal Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista yang merupakan tipe tertinggi. Mesin pada model hybrid menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm, dengan tenaga gabungan 186 PS. Motor listriknya sendirinya menghasilkan daya mandiri 113 PS dan torsi 21 Kgm.
Untuk soal performa, Innova Zenix Hybrid tentunya lebih memanjakan. Hal ini tak lepas dari kombinasi mesin pembakaran dengan tambahan motor listrik yang menyalurkan tenaga ke roda depan dan di saat bersamaan juga mengisi ulang baterai motor listrik.
Sistem ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi bensin dan menekan polusi udara. Pengemudi dan penumpang tidak merasakan perbedaan apapun ketika Toyota Hybrid System (THS) Gen-5 mengatur kolaborasi antara motor bakar, motor listrik, dan baterai. Kecuali
instant power yang di-
develop seketika pedal gas diinjak sesuai karakter tenaga motor listrik yang konstan sejak awal.
Tak cukup itu saja, sensasi
fun to drive Innova Zenix Hybrid juga dihadirkan lewat empat pilihan mode berkendara yakni Eco, Normal, Power, dan EV.
Lewat mode berkendara, pengemudi bebas mengatur
output tenaga sesuai keinginan dan kebutuhan. Namun yang pasti, saat di jalan tol mode Power menjadi pilihan ideal karena memberikan hembusan tenaga yang lebih besar. Dengan mode Power, akselerasi dari 0-100 kpj juga lebih cepat dicapai.
Teknologi Toyota Safety Sense (TSS)
Selama perjalanan test drive, tim redaksi juga mencoba beragam fitur dari teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang disuntikkan ke Kijang Innova Zenix Q Hybrid.
Setidaknya, ada sederet fitur keselamatan TSS yang terdapat pada Innova Zenix Hybrid, yaitu
Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA), dan
Automatic High Beam (AHB). Semua fitur dapat diaktifkan secara mudah melalui tombol dilingkar kemudi.
Dari banyak fitur yang ada, fitur-fitur yang sangat memanjakan pengemudi dan layak dicoba antara lain
Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dan
Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA).
DRCC memungkinkan kendaraan bisa berjalan konstan dan secara otomatis mengikuti kendaraan di depan tanpa perlu menginjak pedal gas. Mobil akan melambat dan mempercepat secara otomatis mengikuti kendaraan di depan.
Sedangkan
Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA) membuat mobil tetap berada di lajur semestinya. Fitur ini juga memungkinkan setir melakukan koreksi otomatis agar mobil tidak keluar jalur.
Interior dan fitur hiburan
Sektor interior di Kijang Innova Zenix juga tak kalah bikin takjub. Desain dinamis dan modern dengan sentuhan Soft Pad menyelimuti dashboard. Tambahan layar 7 inchi TFT MID menampilkan berbagai informasi penting selama berkendara.
Illumination Light Instrument Panel menambah aura premium pada bagian dashboard.
Mobil ini juga sudah menghadirkan Wireless Charge (Tipe Q HV) di konsol bagian tengah. Terdapat juga cup/bottle holder dan central storage, serta tersedia 4 USB Slot.
Sama dengan bangku baris depan, kursi baris kedua juga masih menggunakan bahan Leather sintetis dengan model Two Tone.
Pada tipe Q HV, tersedia Captain Seat dengan bangku Ottoman Electric Recline. Terdapat tambahan Leg Rest dan mode Long Recline untuk menambah kenyamanan penumpang.
Semakin mewah, varian tertinggi (Q Hybrid) memiliki Panoramic Sunroof dengan Illumination Light yang menyajikan pemandangan terbaik selama perjalanan.
Beralih ke fitur hiburan, terdapat head unit baru berukuran 10 inci untuk tipe Q dan V, lalu 9 inci untuk tipe G juga dilengkapi fitur sambungan Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, Smartphone Connectivity dan NFC E-Toll Card Checking.
Kemudian untuk penumpang pada bangku baris kedua dan ketiga akan dimanjakan dengan Dual Rear Seat Entertainment ukuran 10 inci yang bisa tersambung dengan internet yang sudah terpasang platform hiburan kekinian seperti Netflix, Spotify, hingga Youtube.
Setiap penumpang baik di sisi kiri atau kanan bisa menikmati hiburan berbeda sesuai keinginan masing-masing sehingga perjalanan jauh tetap menyenangkan.
Harga All New Toyota Kijang Innova Zenix (on the road DKI Jakarta)
Bensin
- All New Toyota Kijang Innova Zenix Tipe G: Rp419 juta
- All New Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V: Rp467 juta
Hybrid
- All New Toyota Kijang Innova Zenix Tipe G: Rp458 juta
- All New Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V: Rp532 juta
- All New Toyota Kijang Innova Zenix Tipe Q: Rp611 juta
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id(PRI)