All New Nissan Livina kembaran Mitsubishi Xpander yang dianggap bisa mengangkat penjualan Nissan di pasar otomotif Indonesia. Medcom.id/Ahmad Garuda
All New Nissan Livina kembaran Mitsubishi Xpander yang dianggap bisa mengangkat penjualan Nissan di pasar otomotif Indonesia. Medcom.id/Ahmad Garuda

All New Nissan Livina Meluncur, Kembaran Xpander Beda Rupa

Otomotif mobil baru nissan
Ahmad Garuda • 19 Februari 2019 15:42
Jakarta: Kembaran Mitsubishi Xpander dari Nissan yaitu All New Livina, akhirnya resmi meluncur hari ini yaitu Selasa (19/2/2019) di Djakarta Theatre, Jakarta. Sesuiai dengan ekspektasi banyak orang dan gambar yang selama ini beredar, mobil keluarga milik aliansi industri otomotif Jepang itu hanya menawarkan pemanis di bagian wajah saja.
 
Bagian yang menjadi pembeda terbesar adalah V Motion ala Nissan yang jadi identitas mobil tersebut. Sementara penempatan lampu alis LED alias DRL (daytime running light) masih sama dengan ciri khas Xpander.
 
All New Nissan Livina Meluncur, Kembaran Xpander Beda Rupa

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mobil ini mengawali debut dunianya di Indonesia dan kami melihat bahwa pasar small MPV di Indonesia memang punya kategori sendiri. Tentu tidak asal dalam menentukan mobil yang akan kami luncurkan ini, meski menggunakan basis yang sama dengan punya Mitsubishi, namun kami meletakkan fitur berdasarkan kebutuhan konsumen di sini," klaim Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi di momentum peluncuran mobil tersebut.
 
Salah satu fitur andalan yang mereka lekatkan di mobil tersebut adalah hill start assist, vehicle dynamic control dan traction control. Jika Xpander hanya menggunakan fitur hill start assist di varian tertingginya yaitu Ultimate, versi All New Livina justru melengkapi semua varian otomatisnya dengan fitur tersebut.
 
All New Nissan Livina Meluncur, Kembaran Xpander Beda Rupa
 
Masih mengusung mesin yang sama dengan Xpander yaitu 1.500 cc yang mampu melepaskan tenaga sebesar 104 daya kuda dan torsi sebesar 141 Newton meter dan tersalur melalui roda depannya. Sayangnya, jika dibandingkan dengan sistem transmisi Livina sebelumnya yang sudah menggunakan CVT, ada anggapan bahwa Nissan melakukan penurunan teknologi. Ini bertolak belakang dengan komitmen mereka untuk memamerkan teknologi maju dalam industri otomotif dunia.
 
Mobil ini dibanderol dengan rating yang diklaim cukup kompetitif, bahkan dari Xpander sendiri. Yaitu mulai dari Rp198,8 juta hingga Rp261,9 juta. Padahal Xpander dipatok dengan harga mulai Rp206 juta, namun versi tertingginya lebih murah yaitu Rp260,9 juta.
 
All New Nissan Livina Meluncur, Kembaran Xpander Beda Rupa
 
Selain meluncurkan All New Livina, Nissan juga meluncurkan All New Serena. Medium MPV dengan pintu geser tersebut merupakan Serena generasi kelima. Beberapa perubahan yang cukup signifikan justru terdapat di versi ini ketimbang All New Livina.
 
Beberapa perubahan drastis yang disematkan di mobil tersebut di antaranya pintu geser yang kini dilengkapi dengan sensor pembuka otomatis melalui deteksi posisi kaki orang yang ingin naik ke atasnya. Kemudan kaca belakang yang bisa dibuka terpisah dari bodinya. Sehingga untuk meletakkan beberapa barang kecil, tak harus membuka pintu secara keseluruhan.
 
All New Nissan Livina Meluncur, Kembaran Xpander Beda Rupa
 
Uniknya, Nissan menjadi satu-satunya pabrikan yang berani menggunakan dual tone atau dua warna di bodi mobil tersebut. Yaitu warna gelap pada bagian pilar hingga ke atap, sementara untuk sekeliling bodi menggunakan warna yang dasar yang ditetapkan.
 
Harga yang ditawarkan untuk rival Toyota Voxy ini pun cukup kompetitif, yaitu mulai Rp448 juta hingga Rp465 juta. Sementara Voxy ditawarkan mulai Rp462 jutaan. Lalu apakah dua produk baru ini sanggup membangkitkan posisi Nissan di pasar nasional? Semoga saja.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi