Melihat langsung dua mobil baru Chery Tiggo 9 adu kambing saat uji tabrak. CG
Melihat langsung dua mobil baru Chery Tiggo 9 adu kambing saat uji tabrak. CG

Chery Tiggo 9 'Adu Kambing' di Sesi Uji Tabrak, Ini Hasilnya!

Ahmad Garuda • 19 Oktober 2025 15:44
Wuhu - Industri otomotif Tiongkok saat ini sedang serius dalam mengembangkan ragam produk unggulannya yang sesuai dengan standar keamanan berkendara kelas dunia. Salah satunya ditunjukkan oleh Chery Group. Mereka melakukan uji tabrak dua unit Tiggo 9 dengan cara adu kambing (tabrak frontal). 
 
Dalam sesi uji coba luar biasa yang mendorong batas keselamatan otomotif digelar di Chery Crash Test Center pada 18 Oktober kemarin, mobil dipacu hingga kecepatan 50 km/jam dengan sudut tumpang tindih 15°. Bahkan mereka tak risih ketika semua orang mengambil gambar sesi uji tabrak tersebut dengan mengusung komitmen 'Let everyone enjoy five-star safety'.
 
Tantangan ini bukan sekadar unjuk kemampuan teknologi, melainkan bentuk penguatan nilai dan keyakinan inti mereka terhadap makna keamanan dan keselamatan. Dalam ajang Chery Brand User Summit 2025 yang mengusung tema 'Co-Create the New Move', lebih dari 500 tamu dari seluruh dunia yang terdiri dari karyawan, mitra diler, media, serta KOC menyaksikannya. 

Acara ini menjadi demonstrasi nyata atas pemahaman mendalam terhadap arti keselamatan sesungguhnya. Keselamatan bukan berarti menghindari risiko, melainkan kemampuan untuk tetap mengendalikan keadaan bahkan di situasi paling tak terduga. 

Baca Juga:
Main ke Markas Besar Chery di Wuhu, Ada Apa?


Deputy General Manager Chery Brand, Gavin Liang menyampaikan bahwa keselamatan sejati bukanlah sekadar adu kekuatan, tetapi seni dalam mengarahkan, menetralkan, serta menyeimbangkan antara kekuatan dan keluwesan, seperti halnya Taichi.
 
"Prinsip ini menjadi dasar dari uji tabrakan 15° small-overlap yang sangat menantang, di mana struktur utama kendaraan yang biasanya menyerap benturan sebagian besar tidak berfungsi. Tantangan ini menguji kemampuan kendaraan dalam melindungi penumpang di situasi ekstrem yang sangat sulit dikendalikan," ujar Gavin Liang. 
 
Selanjutnya, Chief Engineer Chery Automobile Co., Ltd., Xu Youzhong menjelaskan prosedur pengujian. Dua unit Tiggo 9 diarahkan pada lintasan yang dihitung dengan sangat presisi untuk mensimulasikan tabrakan offset, sebuah kondisi umum di jalan raya yang sering kali tidak dapat dihindari. 
 
Karena sudut tabrakan yang unik, balok penahan utama di bagian depan tidak dapat sepenuhnya menyerap energi benturan. Hal ini menjadikan uji ini bukan hanya tantangan terhadap kekakuan struktur bodi. Tapi juga kemampuan mereka merancang jalur distribusi gaya benturan, koordinasi sistem penahan, serta kecepatan aktivasi sistem penyelamatan pasca-tabrakan. 

Baca Juga:
Sekali Isi Bensin dan Cas Baterai, Chery Super Hybrid (CSH) Tempuh 1.403 km

Hasil Uji Langsung Diumumkan di Lokasi

Setelah tabrakan, perwakilan teknis segera mengumumkan hasil awal yang sangat menggembirakan. Struktur kabin kedua kendaraan tetap utuh, tanpa deformasi pada pilar A, B, maupun C. Airbag depan pengemudi dan penumpang, termasuk airbag lutut pengemudi, berfungsi sempurna. 
 
Sabuk pengaman dengan sistem pretensioner aktif tepat waktu dan memberikan perlindungan optimal. Sistem bahan bakar tetap tertutup rapat tanpa kebocoran. Setelah insiden, keempat pintu dapat dibuka secara normal, memungkinkan evakuasi cepat oleh tim penyelamat.
 
Lampu hazard menyala otomatis, memberikan peringatan untuk mencegah tabrakan lanjutan. Hasil ini tidak hanya membuktikan kekuatan struktur bodi, tetapi juga menunjukkan keandalan sistem keselamatan secara menyeluruh, mulai dari dari koordinasi sistem penahan hingga akses penyelamatan pasca-tabrakan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan