Sejumlah merek mulai merasakan efek positif penjualan jelang akhir tahun. Suzuki
Sejumlah merek mulai merasakan efek positif penjualan jelang akhir tahun. Suzuki

Pasar Mulai Membaik, Suzuki dan Daihatsu Rasakan Efeknya

Otomotif penjualan mobil industri otomotif daihatsu suzuki mobil
Ekawan Raharja • 16 November 2019 16:31
Jakarta: Gabungan Industri kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat pertumbuhan yang cukup baik di bulan Oktober 2019. Bahkan secara terang-terangan Suzuki dan Daihatsu merasakan efeknya dalam dua bulan belakangan.
 
Melihat data wholesale Suzuki di Oktober 2019 mencapai 8.721 unit dan retailnya di angka 8.501 unit. Angka ini bisa dibilang membaik dari pada capaian satu bulan sebelumnya, wholesale di 8.118 unit dan retailnya sebanyak 8.326 unit.
 
4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, Makmur, menjelaskan meningkatnya penjualan mereka tidak terlepas dari usaha mereka menggenjot penjualan. Menurutnya program penjualan yang menarik mereka tawarkan sukses menggaet konsumen untuk membeli mobil-mobil yang mereka jajakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan penjualan positif pada Oktober 2019, maka sepanjang semester kedua 2019 penjualan Suzuki terus menunjukkan tren positif. Hal ini tentu berkat kepercayaan dan kesetiaan konsumen terhadap kualitas mobil unggulan Suzuki, khususnya yang diproduksi di Indonesia. Capaian positif ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menggenjot penjualan menjelang akhir tahun dengan berbagai program penjualan menarik bagi masyarakat,” ujar Makmur melalui keterangan resminya.
 
Pada bulan Oktober 2019, Suzuki Carry membukukan wholesales sebanyak 5.630 unit, meningkat sebesar 11,2 persen dibandingkan dengan September 2019. Sementara Ertiga berhasil menguasai 8,2 persen pangsa pasar LMPV Oktober 2019 dengan jumlah wholesales sebanyak 1.588 unit. All New Ertiga juga menjadi kontributor wholesales terbesar kedua bagi Suzuki dengan jumlah kontribusi sebesar 18,2 persen.
 
Begitu juga Daihatsu yang merasakan peningkatan penjualan. Mereka asal Jepang ini mencatat total angka retail sales mencapai 15.578 unit, dan wholesales sebesar 17.530 unit. Jika dibandingkan dengan September sebelumnya, secara volume, penjualan Daihatsu mengalami peningkatan retail sales sebesar 18,8 persen dari 13.112 unit menjadi 15.578 unit.
 
Penjualan retail sales Daihatsu Oktober 2019 didominasi Sigra dengan 4.436 unit atau berkontribusi sekitar 28,5 persen. Selain itu, penjualan terbesar lainnya juga disusul oleh GranMax (PU) 3.336 unit (21,4%), dan Terios 2.075 unit (13,3%). Untuk Ayla, GranMax (MB) dan Xenia berada di angka 1.600 – 1.900-an unit (10-12%).
 
"Kami bersyukur, penjualan Daihatsu menunjukkan tren positif, dengan kenaikan hampir di seluruh model Daihatsu. Hal ini, didukung oleh program-program penjualan yang Daihatsu lakukan," ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, melalui keterangan resminya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif