Pengenalan fitur Mimamori di sesi pelatihan safety driving yang digelar oleh Isuzu yang bekerja sama dengan Jasa Marga. IAMI
Pengenalan fitur Mimamori di sesi pelatihan safety driving yang digelar oleh Isuzu yang bekerja sama dengan Jasa Marga. IAMI

Mimamori, Telematry Canggih Pendeteksi Perilaku Driver

Otomotif isuzu teknologi otomotif safety driving
Ahmad Garuda • 19 November 2019 17:06
Jakarta: Sosialisasi safety driving terhadap pengemudi truk yang dilakukan Jasa Marga dan Isuzu Astra Motor Indonesia yang berlangsung hari ini, juga turut mengenalkan fitur canggih pendeteksi perilaku pengendara milik Isuzu, yaitu Mimamori.
 
Diungkapkan Sales Support Department Head Sales Division PT IAMI, Istadi dalam pelatihan itu, pihaknya memberikan metode penilaian dengan mimamori, alat pengukur yang hanya dimiliki mobil produksi mereka. Para peserta pun langsung menggunakan truk Isuzu Giga yang memang sudah disematkan fitur tersebut.
 
Fitur ini mirip 'kotak hitam pesawat' yang dapat merekam seluruh aktivitas pengemudi saat berkendara. Misalnya penggunaan pedal gas, pedal kopling, dan pedal rem.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pernyataan lanjutannya, Ia menegaskan bahwa fitur tersebut dirancang membantu memudahkan konsumen memastikan pengoperasian truk secara aman dan efisien. Fitur ini diaplikasikan di truk Isuzu Giga yang mengusung mesin commonrail serta sudah dilengkapi Electronic Control Unit (ECU) dan Data Record Module (DRM).
 
Cara kerja fitur ini adalah merekam data pengoperasian kendaraan. Datanya dapat diakses melalui website di PC, laptop, ataupun telepon pintar. “Bagi kami, ini salah satu bukti pelayanan produk fit Isuzu ke konsumen dan memberi jaminan keselamatan bagi pengemudi,” tutur dia.
 
Training Center Dept Head IAMI, Fuad Hasyim Asari menambahkan, selain mengukur kebiasaan pengemudi, fitur Mimamori itu juga mengungkap bagaimana penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Hal ini penting. Apalagi, 40 persen biaya operasional perusahaan logistik ataupun transportasi adalah dari konsumsi BBM.
 
“Cara berkendara yang baik tentu akan membawa efisiensi kepada perusahaan. Tak hanya itu, habit berkendara yang baik juga menentukan kualitas komponen suku cadang. Usianya menjadi lebih lama,” imbuhnya.
 
Membawa Keuntungan buat Pengguna
Sementara itu, peserta pelatihan mengaku beruntung bisa mendapat pelatihan dari Jasamarga dan Isusu. Hal itu diakui Novy Meivadi dari PT Nissho Solution Indonesia (NSI), perusahaan angkutan logistik suku cadang otomotif asal Jepang yang beroperasi di Sunter.
 
Menurut dia, banyak pengemudi hanya bisa membawa kendaraan saja, tetapi tidak peduli pada keselamatan berkendara. “Lewat pelatihan ini, kami semakin mengerti bagaimana membawa kendaraan yang aman dan nyaman. Kendaraan tidak cepat rusak, dan biaya operasional bisa ditekan,” ujar dia.
 
Ia juga mengaku beruntung perusahaannya mengadopsi sistem Mimamori – fleet management system yang bisa mengukur pola kerja para pengemudi. Untuk fitur serupa, beberapa merek juga sudah menggunakannya. Seperti telematik Runner di Fuso dan Telematik UD Trucks. Tentu masing-masing punya kelebihan. Tentu dengan sistem yang lebih sederhana dalam pengoperasian, jadi satu keunggulan yang dimiliki oleh Isuzu Giga.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif