FDR FX1 adalah ban purwarupa khusus ntuk mobil-mobil konsep mahasiswa. FDR
FDR FX1 adalah ban purwarupa khusus ntuk mobil-mobil konsep mahasiswa. FDR

Mobil Hemat Energi Milik Mahasiswa, Perlu Ban Berteknologi Khusus

Otomotif teknologi otomotif mobil konsep ban mobil
Ekawan Raharja • 01 Oktober 2019 16:06
Malang: Beberapa mahasiswa universitas dan perguruan tinggi acap membuat mobil purwarupa hemat energi untuk diperlombakan di berbagai ajang di dalam maupun luar negeri. Statusnya sebagai mobil purwarupa dengan kebutuhan khusus, membuat mobil ini juga memerlukan komponen khusus seperti ban yang digunakan.
 
Bahkan produsen ban dalam negeri, FDR, sampai memproduksi ban baru khusus yang digunakan oleh mobil purwarupa milik mahasiswa ini yang diberi nama FX1. Ban ini di desain dengan kembangan dan struktur khusus untuk menunjang dan memaksimalkan performa mobil-mobil purwarupa tersebut agar mendapatkan traksi terbaik.
 
FX1 yang ditawarkan ini merupakan ban radial dengan kompon khusus EST atau eco smart tire yang punya low rolling resistance atau hambatan gelinding yang rendah. Efeknya adalah memberikan traksi yang maksimal antara ban dan jalan, sehingga ban menggelinding semakin lancar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kembangan ini dirancang untuk memberikan traksi lebih pada ban FX1 ini. Sedangkan konstruksi FX1 ini punya tapak yang lebih datar dan lebih mirip dengan ban mobil," ungkap Technical Service Departement Head PT Suryaraya Rubberindo Industries, Jimmy Handoyo, melalui keterangan resminya.
 
Mobil Hemat Energi Milik Mahasiswa, Perlu Ban Berteknologi Khusus
 
Saat ini FX1 ini tersedia dalam dua ukuran yaitu 90/80 R17 TT dan 90/80 R16 TT. Statusnya sebagai ban purwarupa hanya bisa didapatkan di momen-momen tertentu, tidak di jual untuk umum.
 
Salah satunya momen bisa mendapatkan ban ini saat Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) di Universitas Negeri Malang pada 24-28 September 2019 lalu. Di sini, FDR menyediakan 85 ban FX1 ukuran 17 inci dan 45 unit ban FX1 ukuran 16 inci yang akan digunakan di kelas urban.
 
Salah satu peserta yang menggunakan ban purwarupa ini adalah Tim Semar Urban UGM yang berlaga di kelas Urban MPD Bensin. Mobil ciptaan mereka berhasil mencapai efisiensi bahan bakar 384,944 kilometer per liter.
 
"Untuk KMHE tahun ini kami telah mempersiapkan mobil hampir 4 bulan, hasilnya tim juara di kelas urban bensin,” kata General manager Tim Semar UGM Fikri Amanda Ramadhan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif