MPV harga Rp200 jutaan? acak-acak pasar Low MPV tanah air. medcom.id./Ahmad Garuda
MPV harga Rp200 jutaan? acak-acak pasar Low MPV tanah air. medcom.id./Ahmad Garuda

Mobil Baru

MPV Rp200 Jutaan, Wuling Cortez CT S 'Acak' Kelas Low MPV?

Otomotif mobil baru wuling motors
Ahmad Garuda • 27 Juli 2020 12:50
Jakarta: Apa yang paling Anda perhitungkan saat membeli sebuah MPV atua mobil keluarga? Kabin lapang itu wajib, terdapat tiga baris kursi, fitur mewah dan terakhir tentu harga yang terjangkau bukan? Terlebih di momen pandemik Covid-19, bagi Anda yang 'ngebet' mau punya mobil keluarga baru dengan alasan lebih aman bepergian menggunakan keluarga, kini pilihannya semakin beragam.
 
Terbaru adalah MPV yang ditawarkan oleh Wuling yaitu Cortez CT S. Tipe ini melengkapi beberapa tipe yang sudah hadir lebih dulu yaitu tipe C dan L, namun S lebih diperuntukkan buat mereka yang ingin mobil MPV namun harga yang masuk ke kelas Low MPV. Kejutan ini pun datang di saat orang-orang lebih berpikir untuk membeli kendaraan hanya dengan harga yang lebih masuk akal dengan kapasitas lebih besar dari sekadar Low MPV.
 
Banderol yang dipasang oleh merek asal Tiongkok tersebut pun cukup mengejutkan lantaran bermain di kisaran harga yang banyak dihuni mobil-mobil Low MPV yaitu mulai dari Rp209 juta (manual 6 speed) dan Rp233 juta (S CVT). Padahal dari sisi spesifikasi yang ditawarkan, mobil ini masuk dalam varian MPV yang bersinggungan dengan Toyota Sienta atau Innova.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MPV Rp200 Jutaan, Wuling Cortez CT S 'Acak' Kelas Low MPV?

Masuk di Kelas Entry Level MPV

Lantaran mengemban misi untuk merecoki segmen pasar LMPV yang selama ini dimainkan oleh pabrikan lain, tentu ini sangat menggiurkan bagi mereka yang memang butuh mobil berspesifikasi teknis maupun fitur, ala MPV tapi menawarkan harga LMPV. Ini menjadi gambaran bahwa penting untuk berpikir ulang tentang kendaraan yang tepat buat keluarga besar tapi tak menyusahkan karena dimensi kecil.
 
Meski demikian, Anda pun tak boleh memasang harapan yang terlalu tinggi untuk memiliki Cortez dengan spesifikasi yang tak berbeda jauh dari sisi aksesoris. Lantaran beberapa fitur bersifat aksesoris, tak dibenamkan di sana. Tujuannya tentu agar harganya benar-benar bisa disesuaikan dengan harga pasar jenis LMPV seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan beberapa lagi lainnya.
 
MPV Rp200 Jutaan, Wuling Cortez CT S 'Acak' Kelas Low MPV?

Penyesuaian Fitur dengan Harga

Melakukan pemotongan fitur, memang sengaja dilakukan beberapa pabrikan untuk beberapa tipe kendaraan, agar dari sisi harga jual bisa terkejar. Lalu fitur apa saja yang 'disunat' Wuling di Cortez CT tipe S ini jika dibandingkan dengan dua tipe di atasnya yaitu C dan L?
 
Dari sisi penampakan bagian depan, lampu-lampu terlihat sangat signifikan. Pertama di bagian lampu, terlihat lampu utama tak menggunakan LED meski sudah menggunakan teknologi proyektor. Namun fungsi adjuster (penyesuaian tinggi), sudah tersemat di dalamnya. Kemudian juga tak terlihat adanya foglamp dan auto on headlamp.
 
Fitur lain yang tak disematkan juga terlihat di bagian wiper yang tak menggunakan jenis frameless, lalu jenis spionnya belum electric foldable dan tak memiliki sensor hujan. Ketika masuk ke dalam ruang kabin, penyesuaian berikutnya yang mereka lakukan adalah, tidak disematkannya sunroof yang terdapat di dua tipe lainnya. Tentu ini juga turut memangkas harga kendaraan agar bisa lebih ditekan seperti yang terpampang di atas.
 
MPV Rp200 Jutaan, Wuling Cortez CT S 'Acak' Kelas Low MPV?

Tanding Harga di Tipe LMPV

Jika melihat tawaran harga Cortez CT S CVT, jelas ini membuat pertarungan LMPV di kelas tersebut kian teracak. Toyota Veloz dengan tawaran harga Rp224 juta versi terendah yang mendekati Cortez S CVT. Begitu juga dengan Mitsubishi Xpander yang memainkan harga mulai Rp217 juta untuk tipe terendah (manual). Sementara Suzuki Ertiga memainkan harga di angka Rp205 juta untuk tipe terendahnya dan langsung dengan Cortez CT S manual.
 

(UDA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif