Lexus LM menggunakan basis Toyota Alphard yang dibuat lebih mewah. Lexus
Lexus LM menggunakan basis Toyota Alphard yang dibuat lebih mewah. Lexus

Mobil Baru

Lexus LM jadi Alternatif MPV Mahal di Indonesia

Otomotif mobil baru lexus
Ekawan Raharja • 17 Juni 2020 08:47
Jakarta: Lexus Indonesia sudah mulai memasarkan LM untuk pasar di dalam negeri yang inginkan kendaraan berukuran besar dan nyaman untuk ditumpangi. Secara tidak langsung mobil ini menjadi alternatif bagi para sultan yang inginkan mobil MPV lebih mahal dari Toyota Alphard.
 
Secara keseluruhan LM memiliki basis yang sama dengan Alphard, yakni mobil yang mengusung basis multi purpose vehicle (MPV). Tetapi Lexus mendadaninya lebih nyaman, mewah, dan canggih untuk penumpang yang ada di dalamnya selama perjalanan.
 
Director Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandi, merasakan keduanya tidak akan bersaing dan saling memakan pasar. Hal ini dikarenakan LM dan Alphard memiliki segmentasi yang berbeda, dan karakter konsumen yang berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, Alphard dengan segmen Rp 1 miliaran, Lexus mulai dari Rp 2 miliaran, yang 4-seater sekitar Rp 4 miliaran, punya konsumen sendiri-sendiri," ujar Anton Jimmi Suwandi melalui webinar.
 
Di Indonesia, Alphard dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1,025 miliar sampai Rp 1.952 miliar (on the road DKI Jakarta). Kemudian untuk LM hadir dalam dua varian, yakni varian 7-seaters dengan harga Rp 2,395 miliar dan varian 4 seater seharga Rp 3,035 miliar (on the road DKI Jakarta).
 
Salah satu pembeda LM dan Alphard jelas dari kenyamanan yang ditawarkan. LM diklaim memiliki kabin yang mewah dan ruang kepala dan kaki yang lapang di desain layaknya kabin First Class Suites di pesawat udara.
 
Bahkan dijelaskan untuk suspensinya akan menggunakan teknologi Swing Valve Shock Absorbers, teknologi baru dengan ultra-low velocity valve merupakan yang pertama di dunia. Inovasi ini menggunakan dua katup hidrolik untuk memastikan kekuatan redaman yang tepat diberikan ketika gerakan sekecil apa pun dialami di roda dan suspensi mobil. Ini menghasilkan perjalanan yang nyaman dan tenang dan stabilitas kendaraan, saat mulai akselerasi atau saat mengemudi dengan kecepatan tinggi di jalan raya.

Konsumen Tetap Beli Alphard di Masa Pandemik Covid-19

Di tengah masa Pandemik Covid-19 di belakangan ini memang berdampak kepada kepada sejumlah golongan masyarakat. Namun bagi yang tak terdampak, tetap melakukan pemesanan mobil yang mereka inginkan atau butuhkan.
 
Meski kondisi sedang sulit, terbukti masih banyak konsumen yang melakukan pembelian MPV premium. Tercatat selama Januari-Mei 2020, Toyota berhasil menjual 1.256 unit. Bahkan di masa pandemik dari Maret-Mei 2020 terjual 687 unit.
 
Kemudian di Februari 2020, Adrian Tirtadjaja, menyebutkan sudah membuka pemesanan untuk Alphard versi yang lebih mewah tersebut. Bahkan diakui Adrian, sudah ada sekitar 150-200 orang konsumen yang melakukan pemesanan dan menaruh uang muka sebagai tanda keseriusan mereka membeli LM.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif