Para mekanik dan kru balap tengah berjibaku dengan aktivitas bongkar pasang mobil-mobil balap Porsche 911 GT3 Cup yang didatangkan langsung ke Mandalika dalam kondisi terurai.
Kontainer berisi rangka dan komponen mobil Porsche 911 GT3 Cup tiba lebih awal di area sirkuit. Mobil-mobil tersebut tidak datang dalam keadaan utuh, melainkan hanya berupa rangka tanpa mesin dan komponen utama.
Semua perakitan dilakukan langsung di paddock, di bawah pengawasan tim teknis masing-masing. Aktivitas ini menjadi pemandangan menarik sekaligus menakjubkan, mengingat setiap detail komponen harus dipasang dengan presisi tinggi agar performa mobil optimal saat turun lintasan.

Sejak Selasa pagi (19/8), para mekanik mulai merakit mobil dari nol. Rangka Porsche 911 GT3 Cup mulai dipasangkan dengan mesin, sistem transmisi, suspensi, elektronik, hingga bodi aerodinamis khas Porsche.
Seluruh tim menargetkan proses perakitan selesai pada Kamis siang (21/8) siang. Begitu mobil sudah dirakit utuh, tahap berikutnya adalah shakedown test atau uji coba singkat untuk memastikan performa serta keamanan kendaraan.
Baca juga: Porsche Carrera Cup Asia 2025 Siap Digelar di Sirkuit Mandalika |
Shakedown test sangat krusial karena memungkinkan tim mengidentifikasi potensi masalah teknis sebelum memasuki sesi resmi. Setelah tahap ini selesai, seluruh mobil akan siap untuk official practice.
Selanjutnya, pada hari Jumat (22/8) menjadi momen pertama bagi para pembalap untuk menjajal lintasan Mandalika menggunakan mobil hasil perakitan.
“Proses bongkar pasang mobil balap ini adalah bagian penting dari rangkaian penyelenggaraan ajang Porsche Carrera Cup Asia. Mobil datang dalam kondisi terurai karena alasan efisiensi logistik dan keamanan pengiriman. Setibanya di Mandalika, semua dirakit kembali oleh mekanik tim hingga siap digunakan balapan," kata Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria.
"Aktivitas ini memperlihatkan profesionalitas tinggi dari para teknisi sekaligus menjadi daya tarik tersendiri karena jarang sekali penonton bisa menyaksikan proses perakitan mobil balap internasional dari nol,” sambung Priandhi Satria.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi bukti kesiapan fasilitas paddock Mandalika yang mampu menunjang event balap kelas dunia.
“Paddock Mandalika kami pastikan memiliki standar internasional, dengan ruang dan fasilitas yang memadai untuk perakitan, persiapan, hingga operasional tim balap. Semua ini kami siapkan agar para pembalap dan kru merasa nyaman, aman, dan dapat tampil maksimal di lintasan,” punngkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id