Toyota Camry generasi kedelapan sudah dibekali dengan teknologi hybrid. Auto2000
Toyota Camry generasi kedelapan sudah dibekali dengan teknologi hybrid. Auto2000

Daftar Mobil Listrik di Indonesia untuk Atasi Ganjil-Genap

Otomotif toyota mobil listrik bmw
Ekawan Raharja • 11 Agustus 2019 10:50
Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberikan pengecualian terhadap sejumlah kendaraan untuk bebas melintas di wilayah perluasan ganjil genap. Salah satunya yakni yang sudah menerapkan teknologi kendaraan berteknologi.
 
Di Indonesia sudah ada beberapa kendaraan yang memiliki basis teknologi mobil listrik. Mobil-mobil ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin menghindari peraturan ganjil-genap di jalan-jalan DKI Jakarta.
 
1. Toyota Alphard Hybrid
Mobil multi purpose vehicle (MPV) premium besutan Toyota ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghindari peraturan ganjil-genap di jalanan Jakarta. Selain sudah menggunakan teknologi hybrid, mobil ini juga memiliki muatan penumpang hingga tujuh orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mesin yang digunakan Toyota Alphard ialah tipe 2AR-FXE, 4 silinder segaris, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas mesin 2.494 cc. Unit ini mampu memberikan tenaga hingga 150 dk dan torsi maksimal 206 Nm. Alphard Hybrid memiliki tambahan dua motor listrik di roda belakang sehingga tenaga dari mesin penggerak bisa dialihkan ke motor listrik yang dapat disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.
 
Prinsip kerjanya seperti gerak 4 roda namun hanya sebagai pendukung ketika mobil baru melaju atau butuh tambahan daya. Dijual by order, MPV mewah ini menjadi model hybrid termahal yang dijual Toyota di Indonesia.
 
2. Toyota Camry Hybrid
Toyota Camry Hybrid merupakan generasi ke-8 sejak generasi pertama diluncurkan pada tahun 1982. Sebagai full sedan, Camry Hybrid menawarkan tampilan yang mewah serta kenyamanan paripurna yang dibalut interior premium.
 
Toyota memasang mesin A25A-FXS dengan teknologi hibrida generasi keempat. Camry Hybrid menggunakan mesin dengan kapasitas 2.500 cc empat silinder, sama dengan Alphard Hybrid tapi lebih canggih teknologinya. Mesin ini mampu mengantarkan tenaga 178 PS pada 5.700 rpm dan torsi 220 Nm pada 3.500 sampai 5.200 rpm. Harga Toyota Camry 2.5 L A/T Hybrid adalah Rp809 juta (on the road Jakarta).
 
3. Toyota C-HR Hybrid
Toyota C-HR Hybrid memberikan pilihan baru pada penggemar kendaraan SUV berbasis crossover dengan teknologi hybrid. Crossover compact ini menggunakan mesin 2ZR-FXE dengan power 100 OS dikombinasi motor listrik dengan power 36 PS. Ia diklaim lebih efisien 62 persen dibandingkan varian konvensional dan emisinya CO2-nya juga lebih rendah sekitar 60%.
 
Toyota juga telah melakukan sejumlah improvement agar C-HR Hybrid tampil lebih stylish, yakni ubahan pada desain pelek, lampu utama dan rear combi lamp. Toyota C-HR Hybrid dengan warna single Tone diberi harga Rp523 juta dan warna Two Tone Rp524 juta (on the road Jakarta).
 
4. BMW i8
BMW Indonesia menawarkan i8 Roadster dan i8 coupe sebagai sport car berteknologi plug-in hybrid. Mobil ini menjadi mobil hybrid termahal yang ada di Indonesia, versi apm (agen pemegang merek) resmi yang berada di bawah naungan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).
 
i8 Roadster dibekali mesin 1.500 cc turbocharger 3-silinder yang kini sanggup memproduksi tenaga 231 daya kuda (dk). Kemudian motor listriknya juga dibuat lebih bertenaga menjadi 143 dk. Jika di total, 374 daya kuda yang dihasilkan sumber tenaga itu dapat melesatkan 0-100 kilometer per jam i8 dalam tempo 4,2 detik dan i8 Roadster 4,4 detik. Sedangkan untuk kecepatannya dibatasi di angka 250 kilometer per jam.
 
Tertarik memilikinya? i8 Coupe dipasarkan Rp3,6 miliar dan i8 Roadster dengan harga Rp3,9 miliar (off the road).
 
5. BMW i3
i3 adalah mobil listrik terbaru yang ditawarkan oleh BMW Indonesia. Citycar ini sepenuhnya menggunakan teknologi listrik (battery) dipadukan motor listrik untuk menggerakan mobil.
 
Motor listrik menghasilkan tenaga 184 daya kuda dan torsi 270 Nm. Akselerasi termasuk cepat untuk sebuah mobil kota, 0-100 kilometer per jam hanya 6,9 detik dan kecepatan puncaknya 160 km/jam. Paket baterainya terbaru kapasitas 120 ah.
 
Mobil compact asal Jerman ini sudah bisa dipinang dengan harga hanya Rp1,299 miliar (off the road).

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif