Pasar mobil bekas diperkirakan semakin berkembang. Dok. MI
Pasar mobil bekas diperkirakan semakin berkembang. Dok. MI

Pembatasan Usia Kendaraan Tak Pengaruhi Penjualan Mobil Bekas

Otomotif mobil bekas
M. Bagus Rachmanto • 14 Agustus 2019 10:09
Jakarta: Pembatasan usia kendaraan maksimal 10 tahun di DKI Jakarta pada 2025 yang bertujuan untuk mengurangi polusi udara dan kemacetan memunculkan beragam tanggapan. Salah satunya dari pelaku usaha mobil bekas/seken, yang dinilai tidak akan banyak berpengaruh bagi iklim usaha mobil seken.
 
"Bisnis kita adalah bisnis ekosistem, selama ada konsumen yang mau jual mobil dan ada diler yang mau beli, tetap ada pasarnya," kata CEO BeliMobilGue platform jual beli mobil bekas, Johny Widodo di Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Menurutnya, saat ini kebanyakan pemilik menjual kendaraan bermotor (mobil) yang dibelinya dari baru, setelah usia pakainya mencapai tiga atau lima tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau ada peraturan ini sudah diterapkan dampaknya masyarakat bisa menjual mobil mereka lebih cepat. Pertumbuhan mobil bekas bisa bertambah, maka saya mendukung," kata Johny sambil tersenyum.
 
Lebih lanjut Ia menambahkan, hal lain yang berpengaruh terhadap penjualan mobil bekas adalah, populasi mobil bekas di daerah atau di luar Jakarta bakal semakin berambah. Lantaran usia mobil yang sudah tidak memenuhi syarat usia tersebut akan di jual di sana. "Setelah aturan tersebut diterapkan, mobil bekas nanati bakal ke daerah itu natural," pungkas Johny.
 
Tentang posisi mobil bekas yang pasarnya akan kecil di wilayah perkotaan seperti Jakarta, saat ini memang sudah mulai terlihat. Permintaan mobil bekas mulai sangat besar dari luar daerah. Apalagi beberapa tipe mobil bekas, sudah ada tipe terbaru dan tahunnya masih sangat baru. Tentu ini menjadi pertimbangan tersendiri mereka yang ingin mencari mobil bekas berkualitas
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif