Menjajal mobil Prototype SEM 2018. Medcom.id/Ekawan Raharja
Menjajal mobil Prototype SEM 2018. Medcom.id/Ekawan Raharja

Test Drive

Menjajal Mobil Prototype Shell Eco-Marathon

Otomotif test drive shell
Ekawan Raharja • 11 Maret 2018 17:13
Singapura: Shell Eco-Marathon 2018 digelar dengan dua kategori yakni UrbanConcept dan Prototype. Tim medcom.id cukup beruntung mendapatkan kesempatan untuk menjajal model Prototype yang disediakan oleh Shell.
 
Jika melihat dari bentuknya, mobil jenis Prototype ini memiliki bentuk yang sangat pendek dan memanjang seperti kapsul. Bagian mesin berada di belakang dan digerakan dengan bahan bakar bensin.
Menjajal Mobil Prototype Shell Eco-Marathon
Untuk mengendalikan mobil ini, posisi mengemudi tidak duduk seperti biasanya. Namun pengemudi mengambil posisi tiduran dengan kepala yang sedikit terangkat agar dapat melihat kondisi di depan.
 
Perbedaan juga terdapat di bagian kemudi dengan model setang lurus layaknya skuter matik. kedua rem ada di tangan, dengan rem belakang ada di bagian kiri dan posisinya terbalik. Sedangkan untuk akselerasi menggunakan tuas yang posisinya ada di jempol kanan.
Menjajal Mobil Prototype Shell Eco-Marathon
Keunikan lain juga terlihat dengan cara mengemudikan mobil irit bahan bakar itu. Pengemudi menghidupkan mesin dan kemudian menjalankannya sekencang mungkin. Jika dirasa kecepatannya sudah cukup kencang, maka mesin dimatikan dan biarkan mobil meluncur di dalam lintasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika dirasa mobil sudah terlalu pelan, maka pengemudi hidupkan kembali mesin dan memacu mobilnya hingga kecepatan puncak dan mematikannya kembali. Cara mengemudi ini yang menjadi cara para peserta SEM 2018 memacu mobil-mobil buatan mereka di lintasan.
 
Catatan konsumsi bahan bakar yang kami capai saat mengemudikan mobil tersebut hanya 65,7 kilometer per liter. Sebagai perbandingan efisiensi mobil ini bisa mencapai 205 kpl.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif