New BR-V sudah bisa dipinang dengan harga mulai dari Rp238 juta sampai Rp279,5 juta (on the road Jabodetabek). Medcom.id/Ekawan Raharja
New BR-V sudah bisa dipinang dengan harga mulai dari Rp238 juta sampai Rp279,5 juta (on the road Jabodetabek). Medcom.id/Ekawan Raharja

New Honda BR-V, Benarkah Paling Nyaman di Kelasnya?

Otomotif mobil baru test drive honda mobil honda br-v
Ekawan Raharja • 14 Mei 2019 16:12
Jepara: Honda melakukan penyegaran di New BR-V dengan tampilan nuansa yang lebih sporty dan modern. Ada sejumlah ubahan yang dilakukan baik interior dan juga eksterior yang diklaim akan memberikan pembeda bagi BR-V versi sebelumnya.
 
Di versi New BR-V terakhir ini, Honda mengusung konsep Brave New Worlds. Ubahan ini diyakini sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik konsumen BR-V yang semakin kritis.
 
"Sebagai model yang sudah mapan, New BR-V ditujukan bagi tipe konsumen yang lebih kritis, tidak hanya mementingkan kebaruan dan desain tetapi juga kenyamanan, performa, efisiensi bahan bakar, hingga nilai jual yang lebih baik," jelas Marketing and Aftersales Servis Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, di momen peluncuran New BR-V di IIMS 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


New Honda BR-V, Benarkah Paling Nyaman di Kelasnya?
 
Penyegaran tentu saja harus dilakukan mengingat segmen low sport utility vehicle (LSUV) semakin padat. Terlebih untuk segi harga, segmen LSUV mendapatkan penantang baru yakni DFSK Glory 560.
 
Sekarang konsumen sudah bisa memesan New BR-V di berbagai dealer resmi Honda. New BR-V sudah bisa dipinang dengan harga mulai dari Rp238 juta sampai Rp279,5 juta (on the road Jabodetabek).
 
New BR-V bermain di low sport utility vehicle (LSUV) dan bersaing melawan duo Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Toyota Rush dibanderol Rp244,250 juta sampai Rp265,650 juta (on the road Jabodetabek). Kemudian Terios di rentang harga mulai dari Rp202,3 juta sampai Rp256,9 juta (on the road Jabodetabek).
 
Jangan lupakan juga DFSK Glory 560 dengan harga mulai kisaran dari Rp189 jutaan (on the road Jabodetabek).
 
Impresi Kenyamanan Interior New BR-V
New Honda BR-V, Benarkah Paling Nyaman di Kelasnya?
 
Test driver Medcom.id dikesempatan kali ini menjajal New BR-V varian Prestige alias varian teratas. Test driver kami dengan tinggi 165 cm dan bobot 65 kg melakukan pengetesan dengan berkeliling Semarang dan akhirnya menuju Jepara.
 
Dalam kesempatan kali ini tidak akan membahas performa mesin karena mesin yang digunakan masih menggunakan mesin yang lama. Pabrikan berlogo H ini masih mengandalkan mesin 1.500 cc SOHC 118 daya kuda dan torsi 145 nm yang dikombinasikan dengan transmisi CVT.
 
Sebagai pembanding saja, mesin yang dimiliki New BR-V lebih kuat dari mesin milik Rush. Rival dari Jepang ini dibekali dengan mesin 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i. Tenaganya sanggup semburkan 102 daya kuda dan torsi 136 nm.
 
New Honda BR-V, Benarkah Paling Nyaman di Kelasnya?
 
Tim justru lebih tertarik kepada kenyamanan yang coba ditawarkan New BR-V. LSUV andalan Honda ini memiliki kabin yang lapang dan memberikan ruang bagi penumpang yang cukup luas, termasuk leg room dan head room.
 
Perubahan paling terasa adalah jok dan beberapa bagian interior yang sudah dilapisi oleh bahan kulit kombinasi dengan benang berwarna kontras. Efeknya memberikan kesan sporty dan juga stuktur jok juga cukup nyaman untuk tester driver medcom.id.
 
Namun kami menilai, untuk varian Prestige, akan lebih nyaman jika kursi pengemudi diberikan fitur pengaturan elektrik. Sehingga pengemudi bisa lebih mudah untuk mengatur posisi duduk yang sesuai dengan pengemudinya.
 
New Honda BR-V, Benarkah Paling Nyaman di Kelasnya?
 
Selain itu fitur air conditioner (AC) juga tampak modern dengan panel digital dan fitur auto AC. Sedikit yang kurang adalah untuk pengaturan sirkulasi AC masih model knop geser, sehingga sedikit mengurangi kesan modern di panel AC.
 
Ada tiga fitur baru di New BR-V Prestige yakni New 8 Inchi Capacitive Touchscreen Display Audio, New Smart Entry System, dan New One Push Ignition System. Dua fitur yang disebutkan belakangan sudah bisa dinikmati di tipe E.
 
Paling mencolok ketika berkendara adalah head unit layar sentuh 8 inci yang terpasang di panel dashboard dengan model floating. Head unit ini sudah bisa terkoneksi dengan iOS dan Android untuk mirrorlink dengan kabel input USB Port. Sedangkan jika ingin sekadar mendengarkan lagu cukup terkoneksi dengan AUX atau bluetooth.
 
New Honda BR-V, Benarkah Paling Nyaman di Kelasnya?
 
Kami merasakan ada satu yang kurang dari BR-V Prestige ini ketika sedang melakukan bepergian bersama-sama. Lubang USB yang tersedia hanya ada satu unit saja, sehingga penumpang harus bergantian jika ingin melakukan pengecasan gawai. Atau solusinya pemilik mobil harus membeli adaptor untuk sematkan di power outlet 12V, sehingga bisa digunakan untuk mengecas beberapa gawai sekaligus.
 
Secara keseluruhan, penyegaran New BR-V Prestige memang lebih modern dan mewah dengan sejumlah ubahan yang diusung. Meski di beberapa detail yang menurut tester driver Medcom.id sedikit kurang menunjang kesan mewah dan modern. Namun New BR-V bisa menjadi pilihan bagi anda yang inginkan mencari LSUV selain Rush dan juga Terios. Jadi sekarang selera tinggal tergantung anda!
 

(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif