Menjajal tol Trans Jawa, perlu fokus yang tinggi dan tak memaksakan kondisi fisik yang menurun. DFSK
Menjajal tol Trans Jawa, perlu fokus yang tinggi dan tak memaksakan kondisi fisik yang menurun. DFSK

Tabrakan Beruntun Intai Pengemudi di Tol Trans Jawa

Otomotif safety driving ban mobil
Ekawan Raharja • 27 Desember 2018 09:46
Jakarta: Perjalanan liburan Natal dan tahun baru di tahun ini akan terasa spesial karena sudah ada tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya. Meski demikian, resiko kecelakaan tetap ada dan pengemudi harus cekatan ketika menghadapi kondisi tersebut.
 
Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menjelaskan ada risiko tabrakan beruntun yang mengintai pengemudi di jalan tol. Mengingat jika jalan tol lancar, maka pengemudi akan bergerak dengan kecepatan tinggi dan konstan.
 
"Ketika jalanan lancar, maka akan ada karakteristik jalan tol yakni kondisi melaju yang konstan dan kecepatan tinggi. Ada risiko kecelakaan beruntun," ungkap Jusri melalui sambungan telepon pada Kamis (27/12/2018) kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tabrakan Beruntun Intai Pengemudi di Tol Trans Jawa
Penanganan kecelakaan di jalan tol. Humas Polda Jatim
 
Efek dari melaju secara konstan dan kecepatan tinggi adalah persepsi dan motorik pengemudi akan turun. Proses dari indera ke otak akan menurun, dan selanjutnya kemampuan pengemudi untuk mengambil keputusan akan menurun.
 
Dia menyarankan kepada pengemudi yang melintas di tol Trans Jawa untuk terus menstimulus otak. Hal ini dilakukan agar persepsi dan motorik tetap terjaga.
 
"Caranya dengan membaca setiap yang terlihat, menganalisa apa yang kita lihat. Kemudian jangan lupa juga menganalisa apa yang tidak terlihat seperti mengecek kondisi di belakang."
 
Jusri juga menyebutkan untuk pengemudi juga harus beristirahat yang cukup. Setiap mengemudi sudah dua jam disarankan berhenti dan beristirahat sejenak.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif