Layanan Ganti Mesin

Ganti Mesin Mobil Truk, Bisa Dilakukan di UD Truck Jepang

Ahmad Garuda 24 Oktober 2018 20:03 WIB
ud trucks
Ganti Mesin Mobil Truk, Bisa Dilakukan di UD Truck Jepang
Di Jepang, konsumen truk bisa minta ganti mesin mobilnya. medcom.id/Ahmad Garuda
Yokohama: Mengganti mesin mobil dengan mesin baru, mungkin jadi hal aneh untuk ukuran orang Indonesia. Kecuali untuk kebutuhan seperti modifikasi mobil, atau ingin mengikuti kompetisi balap tertentu seperti drifting. Namun di Jepang, mengganti mesin mobil untuk kebutuhan seperti bisnis, adalah hal lumrah.

Hal ini diungkapkan oleh Supervisor SA UD Truck Customer Centre, Yokohama, Jepang, Daisuke Yamada kepada Medcom.id saat berkunjung ke tempat kerjanya. Menurutnya, mengganti mesin mobil truk adalah hal lumrah yang dilakukan perusahaannya.

"Penggantian mesin terkadang kami lakukan di bengkel ini berdasarkan kondisi mesin. Biasanya akan kami konsultasikan dengan konsumen dan mereka akan membayar sejumlah biaya yang disepakati. Tapi minimal biaya untuk mengganti mesin ini adalah JPY3 juta," ujar Daisuke.

Tidak ada klausul khusus yang diungkapkan Daisuke atau pun yang disarankan oleh UD Trucks untuk memberikan saran kepada konsumen mereka agar mengganti mesin. Lantaran mesin yang diganti pun sebenarnya bukan karena rusak, tapi karena kemampuan konsumen untuk melakukan peremajaan di sektor mesinnya.


"Tidak ada syarat khusus agar konsumen bisa mengganti mesin mobilnya. Selama Ia mampu membayar sebanyak jumlah yang dibutuhkan tersebut di atas, maka kami akan melakukan penggantian. Sementara mesin lama akan diremajakan juga sehingga mereka bisa melakukan penggantian ulang mesin jika waktunya mereka ingin mengganti lagi."

Tentang persuratan dan lisensi khusus kendaraan yang biasanya terintegrasi dengan nomor mesin dan rangka, juga akan berubah secara otomatis. Mereka punya sistem yang melakukan hal tersebut, sehingga konsumen nantinya akan terima beres.

Layanan ganti mesin seperti ini tergolong unik. Mengingat untuk kendaraan operasional seperti truk, biasanya memang dikhususkan untuk jarak panjang dan tahan banting. Mungkin ini menjadi cara yang tepat bagi konsumen truk di negara lain termasuk Indonesia untuk melakukan hal yang sama. Selama harganya tidak terlalu mahal, rasanya sangat masuk akal para pemilik truk itu untuk melakukan penggantian mesin.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id