Cerita Livina test drive 2019. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Cerita Livina test drive 2019. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jajal Performa All New Nissan Livina Libas Jalur Semarang-Yogyakarta

Otomotif test drive nissan
M. Bagus Rachmanto • 26 Juni 2019 09:55
Yogyakarta: Perjalanan panjang sejauh 222 kilometer dari Semarang, Solo menuju Yogyakarta, Jawa Tengah, menjadi jalur pembuktian bagi All New Nissan Livina kepada para jurnalis. Kembaran Mitsubishi Xpander itu duji secara intensif dalam acara Cerita Livina test drive 24-25 Juni 2019.
 
Kami mengujinya dengan konfigurasi empat orang penumpang, dua di baris depan dan dua di baris tengah. Bagaimana impresinya? Simak ulasannya disini.
 
Untuk sampai ke Yogyakarta, para jurnalis disuguhkan rute yang memiliki beragam karakter jalan. Mulai jalan perkotaan, jalan tol hingga ke rute pegunungan Kampung Kopi Banaran, Semarang, Jawa Tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eksterior dan Interior
Mulai dari desain, All New Livina mirip dengan Xpander, tampil fresh dan berbeda dari kompetitor kebanyakan. Paduan MPV dengan SUV saat ini belum ada yang menyamakan dan jadi daya tarik tersendiri.
 
Postur All New Livina secara fisik punya dimensi 4.510 x 1.750 x 2.775 dengan ground clearance 200 mm dan 205 mm. Pada model sebelumnya, Grand Livina memiliki ground clereance hanya 175 cc, terendah di antara model LMPV lainnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Hona Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.
Jajal Performa All New Nissan Livina Libas Jalur Semarang-Yogyakarta
Bagian yang menjadi pembeda terbesar adalah V Motion ala Nissan yang jadi identitas mobil tersebut. Sementara penempatan lampu alis LED alias DRL (daytime running light) masih sama dengan ciri khas Xpander.
 
Bergeser dalam kabin, desainnya terasa mewah terlihat yang ditonjolkan pada desain jok yang terbungkus dari bahan kulit, desain panel instrument serta pintu beraksen kayu dan black piano.
 
Lalu layar audio dengan layar sentuh cukup informatif, audio steering switch juga terhubung untuk mengubah volume dan frekuensi radio. Konektifitas Bluetooth, USB, AUX bisa Anda gunakan selama perjalanan.
 
Fitur
All New Livina cukup lengkap dalam hal fitur yang diusungnya, mulai dari dual SRS airbag, hill start assist, ASC (Active Stability Control), ABS, ESS (Emergency Stop Signal), seat belt reminder hingga isofix. Sayangnya auto door lock tak ada, jadi Anda harus mengunci pintu secara manual.
 
Salah satu fitur andalan yang mereka lekatkan di mobil tersebut adalah hill start assist, vehicle dynamic control dan traction control. Jika Xpander hanya menggunakan fitur hill start assist di varian tertingginya yaitu Ultimate, versi All New Livina justru melengkapi semua varian otomatisnya dengan fitur tersebut.
 
Jajal Performa All New Nissan Livina Libas Jalur Semarang-Yogyakarta
 
Impresi Berkendara
Kerap menggunakan mobil kompetitor, kami merasakan banyak perbedaan saat berkendara. Kabin kedap, jelas jadi kesan pertama yang kami rasakan. Suara mesin nyaris tak terdengar, justru road noise saat kecepatan tinggi yang masuk kabin.
 
Posisi duduk sangat fleksibel, Anda bisa mengatur tinggi jok, maju-mundur dan sandarannya. Meski tinggi bisa diatur, kami tetap merasakan posisi duduk tetap rendah pada posisi tertinggi, lagi-lagi jika dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya.
 
Lingkar kemudi juga bisa disesuaikan karena sudah tilt steering. Jok All New Livina terasa empuk dan tebal di semua baris kursi, jelas ini menambah kenyamanan untuk pengemudi dan seluruh penumpang.
 
Berkendara lewat jalan tol Semarang yang di beberapa titik bergelombang, Medcom.id tembus di kecepatan 160 km per jam, suspensi terasa empuk. Dengan empat orang penumpang, tak ada gejala suspensi mentok. Bahkan dipakai menikung dengan kecepatan agak tinggi, mobil ini minim gejala limbung.
 
Soal suspensi ini, Mitsubishi sempat menyebutkan kalau mereka menggunakan teknologi dari Lancer Evo X. Suspensi belakang menggunakan konstruksi yang sama, namun disesuaikan dengan penggunaan pada mobil MPV. Maka tak heran jika All New Nissan punya kemampuan yang sama dalam hal suspensi.
 
Jajal Performa All New Nissan Livina Libas Jalur Semarang-Yogyakarta
 
Performa
Tak beda dengan Xpander yang menggunakan sistem penggerak roda depan. Pada kesempatan ini kami menjajal All New Nissan Livina bertransmisi matic konvensional 4 percepatan, dengan dukungan mesin 1.5L MIVEC bertenaga maksimum 102 hp pada 6.000 rpm. Meski demikian, untuk ukuran mobil keluarga, torsinya cukup besar yaitu 141 Nm pada 4.000 rpm.
 
Dengan torsi besar, mobil ini terbilang gesit saat berakselerasi. Beban bawaan yang cukup berat tak mempengaruhi performanya. Kami pun sempat menjajal mobil ini melewati sebuah tanjakan terjal, dengan memposisikan tuas transmisi di posisi L, tanjakan mudah dilibas.
 
Dengan mengaplikasikan sistem penggerak roda depan, performa MPV besutan Nissan secara teknis performa All New Livina cukup mumpuni, mampu melibas tantangan rute Semarang-Solo-Yogyakarta sejauh 222,1 kilometer tanpa hambatan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif