Bridgestone punya trik tersendiri untuk membuat ban truk lebih kebal terhadap tusukan benda tajam. Bridgestone
Bridgestone punya trik tersendiri untuk membuat ban truk lebih kebal terhadap tusukan benda tajam. Bridgestone

Makin Kebal Tusukan, Trik Baru Bridgestone di Emsa Premium

Otomotif komponen otomotif ban mobil
Ahmad Garuda • 16 Oktober 2019 15:43
Karawang: Mobil komersial seperti truk dan bus, tergolong mobil yang bekerja keras di jalan raya. Kendaraan ini pun butuh komponen roda yang tangguh untuk segala kondisi jalan, termasuk kondisi jalan yang permukaannya tajam dan banyak bebatuan bentuk lancip.
 
Termasuk jalan yang banyak terdapat ranjau paku yang biasanya memang disebar oleh oknum tertentu. Untuk mengakali hal tersebut, Bridgestone Indonesia pun meluncurkan ban truk dengan kemampuan yang lebih baik dalam menangkal tusukan material dengan permukaan tajam atau lancip.
 
Ban tersebut dinamakan dengan Emsa Premium, dirancang untuk kendaraan komersial, terutama untuk segmen truk. Teknologi dan inovasi ban tersebut memang diperuntukkan untuk berbagai kendaraan berat, termasuk truk kargo, truk sampah, truk tangki, truk konstruksi, serta trailer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mobilitas yang lebih aman, lebih nyaman, dan lebih halus jadi prioritas. Senang bisa memperkenalkan ban Emsa Premium terbaru ke Indonesia. Kemampuan seperti daya tahan tinggi untuk mendukung operasi pengguna ban ini di Indonesia, jadi satu fokus riset yang kami lakukan," kata Direktur Pemasaran PT Bridgestone Tire Indonesia, Yuichi Asaoka.
 
Dengan peningkatan konstruksi ban dan fokus di bagian breaker, lapisan penting ditambahkan untuk meningkatkan ketahanan tapak ban terhadap tusukan tajam sekitar 30 persen. Keunggulan ini memungkinkan ban lebih tahan lama untuk kendaraan niaga dalam kondisi jalan yang kurang baik.
 
Berdasarkan data dari pengujian lapangan yang dilakukan dalam kondisi jalan buruk, ban ini memiliki usia ban maksimum yaitu sekitar 14 persen lebih lama dibanding dengan pesaingnya.
 
Apalagi beberapa pabrikan memang menjadikan si karet bundar ini jadi OEM truk dari pabrikannya seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi-Fuso, dan UD Trucks sebagai ban OEM (Original Equipment Manufacturer).
 
Rival
Beberapa produsen ban truk yang tenar di tanah air seperti Michelin, Good Year, Hankook bahkan Maxxis juga getol melakukan riset untuk ban truk serta bus di Indonesia. Namun ketahanan tusuk 30 persen lebih baik, mungkin bisa dibilang cukup bersaing, meski Bridgestone selangkah lebih baik.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif