Jakarta - Saat peluncuran New Triton yang bersamaan dengan event GIIAS 2024 lalu, ada tiga varian yang spesifikasi teknisnya pun sangat berbeda. Mobil yang hadir dengan pengembangan pada ladder frame baru dengan luas penampang chassis yang 65%, bermesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 yang lebih bertenaga serta diklaim lebih efisien.
Tenaga maksimalnya 184 PS/135km dan torsi sebesar 430 Nm. Keandalan mesinnya, dilengkapi dengan kemampuan 4x4 untuk dikendarai di berbagai medan, dengan ground clearance hingga 222mm. Mesin baru dengan kode 4N15 dan 4D56 diyakini mampu mendongkrak fungsinya di medan berat serta lahan bisnis yang selalu jadi makanan mobil ini yakni perkebunan dan tambang.
Namun yang bikin unik lantaran mobil ini punya 3 horsepower yang berbeda, 110, 150, dan 184. Dijelaskan oleh Brand Ambassador MItsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar, bahwa untuk versi mesin bertenaga 110 HP, difokuskan adalah torsi yang besar. Lantaran rata-rata feedback dari customer mereka memang ada di field dan mereka menghadapi offroad yang tidak butuh kecepatan tapi butuh kapabilitas yang memudahkan bergerak di medan yang berat.
"Jadi makanya torsi kita dari 1.000 rpm sampai 3.750. Untuk yang kedua 150 hp itu adanya di varian GLS, ini sebetulnya ada yang varian 4x4 ataupun GLX 4x2, ini lebih kepada lighter offroad, dipakai di kombinasi jalan raya dan offroad jadi torsinya 1.500 sampai 3.250. Spesial untuk varian Exceed dan Ultimate yang paling atas 184 hp, mesinnya masih sama untuk varian 110 sampai 184," ujar Rifat beberapa waktu lalu kepada Medcom.id.
Ia melanjutkan bahwa untuk penggunaan versi tertinggi itu speknya lebih ke lifestyle (gaya hidup) dan dipakai sebagai mobil harian. Jadi kalau dipakai berkendara di jalan raya tidak butuh torsi di bawah yang sangat besar. Karena horse powernya sudah besar, tapi limit rpm 2.250 sampai 2.750, makanya penggunaannya berbeda-beda karena emang drivability mobil ini didesign berbeda-beda.
Mesin 4N16 ini juga dijelaskan memiliki banyak kelebihan dibanding mesin 4N15. Pertama adalah bentuk bagian atas piston 4N16 yang sudah disempurnakan, membuatnya lebih ringan, lebih minim gesekan, dan mampu meningkatkan performa pendinginan di combustion chamber. Kedua, 4N16 punya perbedaan di supply pump dan injector.
Ketiga bentuk inlet yang lebih optimal dan keempat adalah adanya penggunaan variable oil control valve. Kombinasi ragam kelebihan di atas membuat mesin 4N16 lebih potensial secara kinerja. Terutama torsi besar di putaran lebih rendah membuat mobil lebih cekatan berakselerasi di start awal dengan beban penuh.
"Kelebihan dari mobil ini adalah mapping ECU. Jadi mapping ECU adalah karakter utama, seperti fuel filter dan injektor belajar dari 4N15. Kalau 4D56 itu sudah dipakai 36 tahun, dan transisinya di 4N15 dan berhasil di Pajero Sport dan Triton sebelumnya. 4N16 ada banyak highlight, VGt-nya bisa melakukan banyak variasi tenaga, 4N16 juga pakai timing chain bukan timing belt."
Rifat menegaskan bahwa kekuatan dari mesinnya supaya tidak ada miss tenaga menggunakan timing belt jadi keberlanjutan mesin jadi lebih baik juga. Untuk mengantisipasi kualitas bahan bakar, kita antisipasi injektor yang sudah disesuaikan serta fuel filter dengan SOP perawatan berkala yang telah ditetapkan, ini bermanfaat buat bisnis tambang.
Hal lain yang jadi keunggulan mobil pekerja ini adalah desain. Mengusung konsep 'Dynamic Shield' dengan lampu T-shape yang khas, memberikan tampilan yang lebih gagah dan modern. Lalu dimensi bodi yang lebih besar memberikan kesan kokoh dan lapang. Kabin juga dirancang dengan tampilan yang lebih modern dan fungsional, dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan. Peningkatan pada sasis dan suspensi membuat mobil lebih stabil dan nyaman dikendarai, baik di jalan raya maupun off-road.
Dilengkapi dengan fitur Super Select 4WD-II dan tujuh Drive Mode yang meningkatkan kemampuan off-road. Lalu fitur differential lock: Fitur ini sangat berguna saat melintasi medan yang sangat sulit. Kemudian dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan aktif dan pasif, seperti ABS, EBD, airbag, dan fitur keselamatan lainnya. Terkakhir ada fitur-fitur seperti dual-zone climate control, wireless charger, dan layar sentuh menambah kenyamanan berkendara.
Jakarta - Saat peluncuran New Triton yang bersamaan dengan event GIIAS 2024 lalu, ada tiga varian yang spesifikasi teknisnya pun sangat berbeda. Mobil yang hadir dengan pengembangan pada ladder frame baru dengan luas penampang chassis yang 65%, bermesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 yang lebih bertenaga serta diklaim lebih efisien.
Tenaga maksimalnya 184 PS/135km dan torsi sebesar 430 Nm. Keandalan mesinnya, dilengkapi dengan kemampuan 4x4 untuk dikendarai di berbagai medan, dengan ground clearance hingga 222mm. Mesin baru dengan kode 4N15 dan 4D56 diyakini mampu mendongkrak fungsinya di medan berat serta lahan bisnis yang selalu jadi makanan mobil ini yakni perkebunan dan tambang.
Namun yang bikin unik lantaran mobil ini punya 3 horsepower yang berbeda, 110, 150, dan 184. Dijelaskan oleh Brand Ambassador MItsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar, bahwa untuk versi mesin bertenaga 110 HP, difokuskan adalah torsi yang besar. Lantaran rata-rata feedback dari customer mereka memang ada di field dan mereka menghadapi offroad yang tidak butuh kecepatan tapi butuh kapabilitas yang memudahkan bergerak di medan yang berat.
"Jadi makanya torsi kita dari 1.000 rpm sampai 3.750. Untuk yang kedua 150 hp itu adanya di varian GLS, ini sebetulnya ada yang varian 4x4 ataupun GLX 4x2, ini lebih kepada lighter offroad, dipakai di kombinasi jalan raya dan offroad jadi torsinya 1.500 sampai 3.250. Spesial untuk varian Exceed dan Ultimate yang paling atas 184 hp, mesinnya masih sama untuk varian 110 sampai 184," ujar Rifat beberapa waktu lalu kepada Medcom.id.
Ia melanjutkan bahwa untuk penggunaan versi tertinggi itu speknya lebih ke lifestyle (gaya hidup) dan dipakai sebagai mobil harian. Jadi kalau dipakai berkendara di jalan raya tidak butuh torsi di bawah yang sangat besar. Karena horse powernya sudah besar, tapi limit rpm 2.250 sampai 2.750, makanya penggunaannya berbeda-beda karena emang drivability mobil ini didesign berbeda-beda.
Mesin 4N16 ini juga dijelaskan memiliki banyak kelebihan dibanding mesin 4N15. Pertama adalah bentuk bagian atas piston 4N16 yang sudah disempurnakan, membuatnya lebih ringan, lebih minim gesekan, dan mampu meningkatkan performa pendinginan di combustion chamber. Kedua, 4N16 punya perbedaan di supply pump dan injector.
Ketiga bentuk inlet yang lebih optimal dan keempat adalah adanya penggunaan variable oil control valve. Kombinasi ragam kelebihan di atas membuat mesin 4N16 lebih potensial secara kinerja. Terutama torsi besar di putaran lebih rendah membuat mobil lebih cekatan berakselerasi di start awal dengan beban penuh.
"Kelebihan dari mobil ini adalah mapping ECU. Jadi mapping ECU adalah karakter utama, seperti fuel filter dan injektor belajar dari 4N15. Kalau 4D56 itu sudah dipakai 36 tahun, dan transisinya di 4N15 dan berhasil di Pajero Sport dan Triton sebelumnya. 4N16 ada banyak highlight, VGt-nya bisa melakukan banyak variasi tenaga, 4N16 juga pakai timing chain bukan timing belt."
Rifat menegaskan bahwa kekuatan dari mesinnya supaya tidak ada miss tenaga menggunakan timing belt jadi keberlanjutan mesin jadi lebih baik juga. Untuk mengantisipasi kualitas bahan bakar, kita antisipasi injektor yang sudah disesuaikan serta fuel filter dengan SOP perawatan berkala yang telah ditetapkan, ini bermanfaat buat bisnis tambang.
Hal lain yang jadi keunggulan mobil pekerja ini adalah desain. Mengusung konsep 'Dynamic Shield' dengan lampu T-shape yang khas, memberikan tampilan yang lebih gagah dan modern. Lalu dimensi bodi yang lebih besar memberikan kesan kokoh dan lapang. Kabin juga dirancang dengan tampilan yang lebih modern dan fungsional, dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan. Peningkatan pada sasis dan suspensi membuat mobil lebih stabil dan nyaman dikendarai, baik di jalan raya maupun off-road.
Dilengkapi dengan fitur Super Select 4WD-II dan tujuh Drive Mode yang meningkatkan kemampuan off-road. Lalu fitur differential lock: Fitur ini sangat berguna saat melintasi medan yang sangat sulit. Kemudian dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan aktif dan pasif, seperti ABS, EBD, airbag, dan fitur keselamatan lainnya. Terkakhir ada fitur-fitur seperti dual-zone climate control, wireless charger, dan layar sentuh menambah kenyamanan berkendara.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)