Jakarta: Kurang puas dengan performa mobil Anda? satu-satunya cara yang biasa ditempuh para penggemar performa terbaik kendaraan adalah memasang performance kit. Mulai dari ganti komponen pengapian seperti busi dan koil, lalu ganti header dan knalpot, bahkan bore up atau re-setup ECU.
Namun Founder AccentWire, Indra Santoso menegaskan bahwa kini Ia sudah menemukan penyederhanaan paket performa untuk sebuah kendaraan harian. Ia menegaskan bahwa pengalamannya dalam hal utak-atik mesin selama bertahun-tahun, membuatnya jatuh ke penciptaan kabel performa.
"Sebelumnya, saya sudah kenyang dengan segala cara untuk membuat sebuah mobil atau motor bisa tampil kencang saat berakselerasi. Baik itu untuk kebutuhan penggunaan di jalan raya, juga untuk kebutuhan kompetisi. Tapi sekarang saya menyederhanakannya dengan seutas kaber performa," ujar Indra.
Filosofinya sederhana, Indra menjelaskan lebih lanjut. Ia hanya mencari cara yang tepat untuk mengoptimalkan performa mesin melalui sistem kelistrikan yang terbaik. Melalui kabel ini, voltase yang dibutuhkan oleh komponen tertentu seperti koil lalu pemantik api di kepala busi, jadi lebih optimal.
"Saya hanya mengutak-atik sisi negatif dari komponen tersebut. Sehingga tidak akan membuat komponen kelistrikan jadi tekor seperti baterai. Karena yang bekerja aktif di sistem kelistrikan adalah kutub positif. Sementara kabel ini bekerja memaksimalkan tenaga yang dihantar ke busi atau koil sesuai dengan yang dibutuhkan mesin."
Untuk saat ini, kabel performa yang biasa disebut dengan kabel setan tersebut, terdiri dari beberapa jenis. Di antaranya adalah kabel untuk memaksimalkan pengapian di kepala busi dan kabel untuk memaksimalkan voltase dari koil. Sementara variannya ada kabel mobil diesel, mobil bensin dan juga untuk motor.
Intinya, kabel-kabel ini punya spesifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Makanya tidak boleh asal dalam pengaplikasiannya. Tugas utamanya adalah sebagai 'logistik' untuk kebutuhan 'pencernaan' di ruang pembakaran. Sehingga performa mesin bisa benar-benar maksimal.
Lantaran diciptakan untuk mesin-mesin kendaraan yang digunakan harian, maka Indra pun berani memberikan jaminan selama setahun untuk komponen tersebut. Namun Ia menegaskan bahwa jika ingin performa yang lebih baik lagi, bisa melakukan penyesuaian komponen yang berkaitan langsung dengan kabel tersebut. Misalnya busi atau koil khusus performa tinggi.
Sayangnya, Indra tak mau buka-bukaan soal konfigurasi yang terdapat dalam kabel tersebut sehingga bisa membuat performa mesin jadi lebih baik. Apalagi Ia juga menggarisbawahi soal fungsi lainnya sebagai kabel memori. Hmm, makin membingungkan bukan?
Jakarta: Kurang puas dengan performa mobil Anda? satu-satunya cara yang biasa ditempuh para penggemar performa terbaik kendaraan adalah memasang performance kit. Mulai dari ganti komponen pengapian seperti busi dan koil, lalu ganti header dan knalpot, bahkan bore up atau re-setup ECU.
Namun Founder AccentWire, Indra Santoso menegaskan bahwa kini Ia sudah menemukan penyederhanaan paket performa untuk sebuah kendaraan harian. Ia menegaskan bahwa pengalamannya dalam hal utak-atik mesin selama bertahun-tahun, membuatnya jatuh ke penciptaan kabel performa.
"Sebelumnya, saya sudah kenyang dengan segala cara untuk membuat sebuah mobil atau motor bisa tampil kencang saat berakselerasi. Baik itu untuk kebutuhan penggunaan di jalan raya, juga untuk kebutuhan kompetisi. Tapi sekarang saya menyederhanakannya dengan seutas kaber performa," ujar Indra.
Filosofinya sederhana, Indra menjelaskan lebih lanjut. Ia hanya mencari cara yang tepat untuk mengoptimalkan performa mesin melalui sistem kelistrikan yang terbaik. Melalui kabel ini, voltase yang dibutuhkan oleh komponen tertentu seperti koil lalu pemantik api di kepala busi, jadi lebih optimal.
"Saya hanya mengutak-atik sisi negatif dari komponen tersebut. Sehingga tidak akan membuat komponen kelistrikan jadi tekor seperti baterai. Karena yang bekerja aktif di sistem kelistrikan adalah kutub positif. Sementara kabel ini bekerja memaksimalkan tenaga yang dihantar ke busi atau koil sesuai dengan yang dibutuhkan mesin."
Untuk saat ini, kabel performa yang biasa disebut dengan kabel setan tersebut, terdiri dari beberapa jenis. Di antaranya adalah kabel untuk memaksimalkan pengapian di kepala busi dan kabel untuk memaksimalkan voltase dari koil. Sementara variannya ada kabel mobil diesel, mobil bensin dan juga untuk motor.
Intinya, kabel-kabel ini punya spesifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Makanya tidak boleh asal dalam pengaplikasiannya. Tugas utamanya adalah sebagai 'logistik' untuk kebutuhan 'pencernaan' di ruang pembakaran. Sehingga performa mesin bisa benar-benar maksimal.
Lantaran diciptakan untuk mesin-mesin kendaraan yang digunakan harian, maka Indra pun berani memberikan jaminan selama setahun untuk komponen tersebut. Namun Ia menegaskan bahwa jika ingin performa yang lebih baik lagi, bisa melakukan penyesuaian komponen yang berkaitan langsung dengan kabel tersebut. Misalnya busi atau koil khusus performa tinggi.
Sayangnya, Indra tak mau buka-bukaan soal konfigurasi yang terdapat dalam kabel tersebut sehingga bisa membuat performa mesin jadi lebih baik. Apalagi Ia juga menggarisbawahi soal fungsi lainnya sebagai kabel memori. Hmm, makin membingungkan bukan?
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)