Tata Nexon menjalani uji tabrak dari samping untuk membuktikan tingkat keamanan tertinggi bagi pengemudi dan penumpangnya. Global NCAP
Tata Nexon menjalani uji tabrak dari samping untuk membuktikan tingkat keamanan tertinggi bagi pengemudi dan penumpangnya. Global NCAP

Struktur Kekuatan yang Bikin Nexon Diganjar 5 Bintang dari NCAP

Otomotif tata motors
Ahmad Garuda • 10 Desember 2018 16:41
India: Struktur fisik mobil adalah hal yang palind dominan dalam menjaga keselamatan pengendara atau penumpang di atas mobil saat terjadi tabrakan. Hal ini pula yang diperkuat Tata Motors untuk jajaran mobil penumpangnya. Yaitu struktur yang mampu menyerap energi saat tabrakan terjadi.
 
Ketika melihat fakta bahwa salah satu produk SUV mereka yaitu Tata Nexon diberi rating bintang 5 untuk urusan keselamatan penumpang saat terjadi tabrakan, memang cukup mengejutkan. Mengingat selama ini belum ada mobil dari India yang memenuhi rating bintang 5 untuk uji keamanan penumpang saat tabrakan.
 
Dari pernyataan resminya, Tata Motors sudah menggunakan konstruksi baja berkekuatan tinggi yang secara efektif menyerap energi tumbukan. Kemudian daerah reduksi energi yang biasa disebut crumple zone juga dibuat sedemikian rupa. Sehingga mampu melakukan tugasnya dengan baik. Selain itu, struktur tersebut juga menyediakan jalur beban yang stabil untuk melindungi kompartemen penumpang dari deformasi.
Struktur Kekuatan yang Bikin Nexon Diganjar 5 Bintang dari NCAP
Untuk keamanan pengemudi & penumpang, Nexon dilengkapi dengan kantung udara (airbag) dual-frontal dan sabuk pengaman dengan pra-tensioner. Lalu ada juga pembatas beban & lidah pengunci hantaman (CLT untuk penumpang di sisi pengendara).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tujuannya mencegah gerakan maju yang tak terkendali dari penumpang dan menghindari cedera. Area kaki pengemudi juga diperkuat dengan pedal blocker untuk mencegah cedera kaki jika terjadi musibah kecelakaan.
 
Selain integritas struktural, Nexon memiliki serangkaian fitur keamanan seperti ABS dengan EBD, kontrol stabilitas, kunci pintu pengaman anak, peringatan berbasis suara hingga kamera parkir belakang. Ada juga lampu kabut depan yang bisa menengok ketika menikung untuk memberikan keamanan ekstra bagi pengemudinya.
Struktur Kekuatan yang Bikin Nexon Diganjar 5 Bintang dari NCAP
Hal itu juga yang membuat semua varian Nexon sesuai dengan hasil keselamatan Global NCAP (Bintang 5: Keamanan penumpang dewasa | Bintang 3: keamanan penumpang anak)
 
Sebelumnya, Nexon telah dianugerahi rating bintang-4 oleh Global NCAP pada Agustus 2018, dan melalui rekayasa cepat & peningkatan teknologi, telah melampaui prestasinya sendiri dan mencapai peringkat bintang 5 penuh dalam waktu 3 bulan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif