Baleno yang ada di Indonesia hingga saat ini tidak menjalani recall seperti yang terjadi di India. Suzuki
Baleno yang ada di Indonesia hingga saat ini tidak menjalani recall seperti yang terjadi di India. Suzuki

Recall Mobil

Baleno di India Kena Recall, Indonesia Masih Aman

Otomotif recall mobil suzuki mobil
Ekawan Raharja • 24 Juli 2020 09:43
Jakarta: Suzuki Maruti sebagai produsen Baleno mengumumkan recall karena ada indikasi masalah di sektor pompa bensin (fuel pump). Meski demikian, nasib Baleno di Indonesia tidak sama dengan yang ada di India.
 
Seperti yang diketahui, Baleno yang ada di Indonesia merupakan hasil impor utuh (completely build up/CBU) dari India. Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel, hingga saat ini memastikan belum ada pengumuman recall untuk model hatchback tersebut di Tanah Air.
 
"Sampai saat ini tidak ada recall untuk Baleno yang dipasarkan di Indonesia. Karena spesifikasi kita berbeda dengan Baleno yang dipasarkan di India," jawab singkat Harold Kamis (23/7/2020) kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begitu juga dengan WagonR di India yang mengalami program serupa dengan Baleno. Di Indonesia tidak mengalaminya karena model yang ditawarkan berbeda, dan unit yang di sana bukan hasil produksi Indonesia. "Kalau WagonR India mereka produksi sendiri," pungkasnya.
 
Suzuki Maruti mengumumkan 134.885 unit Baleno dan WagonR harus menjalani recall akibat indikasi masalah di pompa bensin. Diketahui Baleno yang wajib menjalankan recall ini ada 78.222 unit. Mobil-mobil ini merupakan produksi 8 Januari hingga 4 November 2019.
 
Sedangkan untuk WagonR yang mengalami indikasi masalah di fuel pump mencapai 56.663 unit. Unit-unit tersebut merupakan hasil produksi 15 November 2018 sampai 15 Oktober 2019.
 
Recall mengenai masalah fuel pump juga belakangan ini cukup ramai terjadi di Indonesia. Sebut saja merek Honda yang mengumumkan melakukan recall untuk 9 model mobilnya dengan total mencapai 85.025 unit. Kemudian ada juga Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina yang mengalami masalah serupa sehingga konsumennya diharapkan bisa datang ke bengkel resmi untuk menjalani perbaikan secara cuma-cuma.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif