Klub dan Komunitas

J4x4rta Rescue Bikin Pelatihan Khusus Komunitas Otomotif

Ekawan Raharja 07 Mei 2018 11:46 WIB
klub mobil
J4x4rta Rescue Bikin Pelatihan Khusus Komunitas Otomotif
pelatihan kebencanaan dari J4x4rta Rescue untuk komunitas otomotif. J4x4rta Rescue
Jakarta: Hampir di setiap terjadinya bencana alam, banyak komunitas otomotif yang tergerak untuk memberikan bantuan. Sayangnya, tidak semua komunitas otomotif juga punya pengetahuan tetang melakukan misi sosial bahkan di wilayah yang cukup berbahaya.

Meski berniat baik dan ingin memberikan bantuan, tentu para komunitas yang turun ke area bencana alam, wajib hukumnya, paham dengan kondisi serta situasi di sana.

Hal inilah yang kemudian membuat J4x4rta Rescue mengadakan pelatihan kebencanaan bersama dengan komunitas otomotif. Sebanyak 40 orang dari berbagai komunitas otomotif mendapatkan pelatihan kebencanaan pada 4-5 Mei 2018 di Sentul Bogor.

"Acara ini berawal dari keinginan kita dan teman-teman dari J4x4rta Rescue untuk sigap menghadapi bencana. Bencana itu dibagi menjadi tiga bagian yaitu pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana. Melalui acara ini kami ingin melihat bahwa saat bencana itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi kita juga bisa untuk bertanggung jawab," ujar Ketua Panitia Acara J4x4rta Rescue, Sani Dwi, melalui keterangan resminya.


Acara ini diikuti beberapa lembaga seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Pemadam Kebakaran juga turut hadir memberikan edukasi kepada komunitas otomotif. Selain komunitas, lembaga swasta seperti PKPU, ACT, Baznas, dan Daarul Tauhid juga hadir.

Para peserta yang hadir terlihat sangat antusias mengikuti jalannya acara. Edukasi diberikan oleh pihak Damkar, BNPB dan juga BPBD. Apalagi edukasi basic offroad yang diberikan saat di lapangan menjadi salah satu bagian yang ditunggu-tunggu karena terdapat fun offroad di akhir acara.

"Ke depannya kami akan adakan acara seperti ini lagi di bulan September atau Oktober 2018. Kami juga akan berkomitmen akan mengadakan ini dua kali dalam setahun," tutup Sani.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360