Mitsubishi Xpander versi Ultimate ini, mulai diproduksi di Tiongkok. medcom.id/Ahmad Garuda
Mitsubishi Xpander versi Ultimate ini, mulai diproduksi di Tiongkok. medcom.id/Ahmad Garuda

Replika Xpander dari Tiongkok Mulai Masuk Indonesia?

Otomotif mitsubishi mobil baru replika mobil
Ahmad Garuda • 07 November 2019 16:05
Jakarta: Negara Cina atau Tiongkok adalah negara yang cukup baik dalam hal menjiplak paten desain sebuah kendaraan yang akhirnya jadi replika mobil. Mulai dari mobil-mobil merek Inggris seperti Range Rover hingga mobil Amerika bahkan supercar pun mereka jiplak. Terbaru adalah Mitsubishi Xpander yang kini ada replikanya.
 
Uniknya produsen mobil-mobil yang menjiplak ini tak bisa dituntut secara hukum, lantaran pemerintah Tiongkok punya regulasi sendiri soal paten desain. Lagi pula mobil tersebut hanya boleh dijual di negara itu. Tapi Xpander yang diproduksi di Tiongkok ini, justru mulai diboyong ke Indonesia. Bahkan oleh Mitsubishi Indonesia sendiri.
 
Replika Xpander dari Tiongkok Mulai Masuk Indonesia?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilihat dari sisi detail, semuanya sama dengan Xpander yang diproduksi di Indonesia. Mulai dari tampilan secara keseluruhan hingga bagian-bagian yang cukup detail seperti mesin dan ruang kabin.
 
Kebetulan yang kami jumpai adalah tipe tertinggi yaitu Xpander Ultimate. Ragam aksesoris bawaan seperti foglamp, spoiler kit depan dan belakang yang terlihat sangat detail. Bagian lain yang terlihat sangat detail, juga terlihat di bagian interior. Terutama soal pemberian warna yang sesuai dengan yang diproduksi di pabrik mereka di Cikarang.
 
Replika Xpander dari Tiongkok Mulai Masuk Indonesia?
 
Kemudian bagian detail lain yang menarik adalah bagian mesin. Benar-benar sesuai dengan tampilan aslinya. Begitu juga dengan bagian pintu yang sangat presisi. Uniknya semua bagian pintu bisa dibuka, pun dengan penempatan logo-logo seperti tulian Xpander Ultimate di pintu belakang dan logo di bagian grill depan.
 
Replika Xpander dari Tiongkok Mulai Masuk Indonesia?
 
Bagian berikut yang juga cukup baik adalah desain velg dan ban, suspensi dan pergerakan roda depan. Berlanjut ke bagian kolong, hampir semua bagian terlihat sangat sempurna. Termasuk penempatan ban cadangan dan pengikatnya. Namun jika diperhatikan lebih jauh lagi seperti bagian konsol-konsol masih butuh diperhalus agar lebih menarik.
 
Replika Xpander dari Tiongkok Mulai Masuk Indonesia?
 
Namun jangan keburu penasaran soal performanya dan kualitas interior jika digunakan. Lantaran ini hanya replika berupa diecast metal berukuran 1:18. Meski terbilang cukup bagus dari sisi detail, Mitsubishi belum memastikan soal penjualan replika berskala 1:18 ini ke masyarakat umum atau malah tidak dijual sama sekali.
 
Saat melakukan pengecekan harga ke beberapa toko online, untuk skala yang sama dengan tipe kendaraan berbeda, harganya mulai dari Rp2 jutaan. Tertarik?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif