?Nano Cellulose Supercar dari bahan limbah pertanian hasil karya mahasiswa Jepang. Carscoops
?Nano Cellulose Supercar dari bahan limbah pertanian hasil karya mahasiswa Jepang. Carscoops

Nano Cellulose Supercar dari Bahan Limbah Pertanian

Otomotif mobil konsep
M. Bagus Rachmanto • 01 November 2019 09:27
Tokyo: Saat ini tren mobil ramah lingkungan tidak hanya menyentuh pada perubahan sumber tenaga penggerak, dari mesin model konvensional ke tenaga listrik. Terbaru mahasiswa di Jepang sudah mulai memikirkan mobil ramah lingkungan yang seluruhnya diciptakan menggunakan bahan daur ulang.
 
Adalah Nano Cellulose Vehicle (NCV), yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Oktober lalu. Nano Cellulose Vehicle merupakan purwarupa mobil yang memanfaatkan penggunaan bahan selulosa nanofiber (CNF) pada produk otomotif.
 
Nano Cellulose Supercar dari Bahan Limbah Pertanian

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip Carscoops, kendaraan tersebut dikembangkan bersama konsorsium 22 universitas Jepang, lembaga penelitian, dan perusahaan pemasok suku cadang otomotif di Jepang. Proyek ini diluncurkan pada tahun 2016 oleh Kementerian Lingkungan Hidup Jepang.
 
Yang menarik, komponen mobil mulai dari bodi, pintu, atap, dan kap mobil seluruhnya dikembangkan dari Cellulose Nanofiber yang berasal dari tanaman dan limbah pertanian daur ulang. CNF juga telah digunakan secara luas di bak struktural mobil. Alhasil, bodi mobil menjadi 50 persen lebih ringan dari mobil konvensional.
 
Nano Cellulose Supercar dari Bahan Limbah Pertanian
 
Yuzo Niimi dari Toyota Customizing & Development, salah satu anggota konsorsium yang disebut memiliki peran penting dalam mendesain kendaraan. Dari segi tampilan depan, mobil konsep ini memiliki grille yang kecil dan tajam, dengan headlamp yang sipit.
 
Mobil konsep ini juga dilengkapi pintu kupu-kupu, roda multi-spoke, dan bagian belakang yang didominasi oleh lampu belakang, yang mengingatkan kita pada Chrysler ME Four-Twelve, serta diffuser besar.
 
Nano Cellulose Supercar dari Bahan Limbah Pertanian
 
Di bagian kabin terdapat panel sport Nano Cellulose Vehicle dibalut kayu dan setir dua palang dengan shifter dayung. Karena konsep ini masih purwarupa, detail tentang powertrainnya terbatas, meskipun diperkirakan tenaganya bersumber dari sel bahan bakar hidrogen dan memiliki kecepatan tertinggi yang dibatasi hanya pada 20 km per jam (12 mph).
 

(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif