Mobil LCGC di 2021 akan dikenakan PPnBM sebesar 3 persen. Medcom.id
Mobil LCGC di 2021 akan dikenakan PPnBM sebesar 3 persen. Medcom.id

Segini Perkiraan Kenaikan LCGC Setelah Kena PPnBM 3 Persen

Otomotif industri otomotif lcgc autogear
Ekawan Raharja • 03 November 2019 13:50
Jakarta: Pemerintah kembali mengatur pengenaan pajak Pajak Penyesuaian Atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019. Di dalam ini juga disebutkan bahwa peraturan tersebut kini mengenakan pajak 3 persen untuk low cost green car (LCGC), dimana sebelumnya bebas PPnBM.
 
Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, memberikan contoh dengan memberikan rata-rata harga LCGC di kisaran Rp120 juta. Jika dihitung dengan kondisi yang ada sekarang ini, dan ditambahkan PPnBM 3 persen, maka akan ada kenaikan Rp3,6 juta.
 
"Tapi 80 persen pembeli Daihatsu itu kredit, kalau dikreditkan kenaikan Rp3,6 juta dibagi 5 tahun menjadi 60 ribu. Tidak terlalu besar. Kalau mereka kredit dengan kenaikan ini rasanya masih bisa ditanggung," ujar Amelia Tjandra di Technical Training Center PT Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, ujar Amel, Kalau konsumen punya daya beli dan membutuhkan mobil tentu saja mereka akan tetap beli. Tetapi kalau daya belinya tidak ada dan kenaikan ini membuat mereka lebih berat, pasti akan terjadi penundaan sampai mereka mampu akan membelinya.
 
Meski diakui akan memberatkan, Daihatsu tetap akan menjalaninya karena ini adalah sesuatu hal yang harus dipatuhi hukumnya. Mereka nantinya akan melihat kondisi 2021 dan akan menyesuaikan harga kendaraan dengan PPnBM kelak.
 
"3 persen ini akan diberlakukan 2 tahun setelah bulan Oktober 2019. Artinya nanti 2021 waktu customer membeli LCGC tidak lagi 0 persen pajaknya tapi 3 persen. Mereka pasti akan mendapatkan kenaikan harga karena kenaikan pajak."
 
Saat ini Daihatsu merupakan salah satu merek yang memproduksi LCGC yakni Sigra dan Ayla. Kemudian ada juga Toyota yang juga memasarkan LCGC Calya dan Agya. Pemain lainnya ada Suzuki bersama dengan Karimun Wagon R atau Datsun dengan Go serta Go+ Panca.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif