Bluebird sudah menggunakan BYD sebagai armada taksi listriknya. Medcom.id/Ekawan Raharja
Bluebird sudah menggunakan BYD sebagai armada taksi listriknya. Medcom.id/Ekawan Raharja

Susul DFSK dan Wuling, BYD Tertarik Investasi di Indonesia

Otomotif mobil listrik giias GIIAS 2019
Ekawan Raharja • 28 Juli 2019 08:42
BSD City: Sejumlah merek otomotif diketahui memiliki ketertarikan untuk memberikan investasi di Indonesia. Bahkan dikabarkan BYD juga tertarik membangun pabrik produksi di tanah air, mengikuti DFSK dan Wuling Motors yang sudah membangun pabrik terlebih dahulu.
 
Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, menjelaskan BYD memiliki ketertarikan untuk membangun pabrik di Indonesia. Hanya saja untuk urusan detailnya, Yohannes Nangoi belum mengetahuinya.
 
"Saya belum tahu BYD seperti apa, tapi mereka mengincar Indonesia sebagai basis produksi. Anda (wartawan) sangat detail sekali menanyakan, dan kami belum sampai ke sana pembahasannya," ungkap Yohannes Nangoi di Sabtu Malam (27/7/2019) di GIIAS 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan Yohannes Nangoi belum mengetahui skema pabrik itu nantinya, apakah untuk produksi atau perakitan kendaraan. Kemudian untuk mobil yang diproduksi juga belum diketahui mengingat ada kemungkinan untuk memproduksi mobil listrik.
 
Susul DFSK dan Wuling, BYD Tertarik Investasi di Indonesia
 
Hal ini juga berkaitan dengan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai kendaraan listrik. Pemerintah harus menyiapkan fasilitas insentif fiskal dan infrastruktur agar para pelaku industri otomotif tertartik untuk investasi.
 
"Saya belum tahu mereka akan produksi apa. Cuma BYD ini kuat di mobil listrik."
 
Indonesia merupakan salah satu pasar dan lokasi yang cukup strategis. Di sini memiliki pasar yang besar, dan lokasinya berdekatan dengan Australia.
 
"Mobil dari Tiongkok berpotensi karena mereka melihat peluang dari Indonesia. Apalagi Indonesia negara yang sangat dekat dengan Australia dimana marketnya 1,2 juta tanpa ada pabrik mobil. Jadi seharusnya ekspor dari Indonesia sangat menguntungkan, kita lihat saja nanti," sambungnya.
 
Di Indonesia Wuling Motors dan DFSK sudah membangun pabrik dengan fasilitas canggih dan skala besar. Bahkan DFSK mengklaim bisa memproduksi mobil listrik di fasilitas mereka yang terletak di Cikande, Serang, Banten.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif