Rambu Lalu Lintas

Lampu Merah Bisa Tak Dibutuhkan di Masa Depan?

Ekawan Raharja 26 November 2018 12:50 WIB
fordteknologi otomotif
Lampu Merah Bisa Tak Dibutuhkan di Masa Depan?
Intersection Priority Management membuat pengemudi tidak perlu berhenti lagi di lampu merah, memperbaiki arus lalu lintas, mengurangi kecelakaan, hingga efisiensi. Ford
Amerika Serikat: Sekarang ini lampu merah digunakan sebagai alat untuk pengatur laju kendaraan di persimpangan. Tetapi di masa depan, bisa jadi lampu merah tidak dibutuhkan untuk mengatur lalu lintas.

Ford diketahui sedang mengembangkan teknologi Intersection Priority Management (IPM). Melalui fitur ini, membuat pengemudi tidak perlu berhenti lagi di lampu merah, memperbaiki arus lalu lintas, mengurangi kecelakaan, hingga efisiensi.

Secara keseluruhan teknologi ini mengandalkan konektivitas antar mobil. Nantinya mobil-mobil yang ada di sekitar akan saling terkoneksi, berkomunikasi, dan menyesuaikan.

Kemudian fitur ini akan menampilkan kecepatan yang ideal untuk melewati persimpangan sehingga tidak akan saling menabrak. Melalui IMP maka setiap mobil tak perlu berhenti sementara hanya untuk menunggu lampu merah.


"Seperti yang kita ketahui persimpangan dan lampu merah adalah momok bagi sejumlah pengendara. Dengan konektivitas yang telah telah didemonstrasikan, kami membayangkan dunia membuat mobil menyadari satu dengan yang lain, dengan lingkungan, dan memungkinkan kerjasama dan kolaborasi cerdas di jalan dan persimpangan," ucap Supervisor, Driver Assist Technologies, Ford Research and Advanced Engineering, Christian Ress, melalui situs resminya.

Tentu saja fitur ini tidak untuk diterapkan di mobil-mobil konvensional. IMP dikembangkan dari bagian program Autodrive di Inggris yang berfokus kepada teknologi mobil otonom.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id