NEWSTICKER
Patrick Adhiatmadja dengan produksi lokal pertama pelumas Mobil Super Moto. ExxonMobil
Patrick Adhiatmadja dengan produksi lokal pertama pelumas Mobil Super Moto. ExxonMobil

Industri Otomotif

Lokalisasi Pelumas Kian Ketat, Mobil Lubricants Pede Bikin Oli di Indonesia

Otomotif industri otomotif federal oil
Ekawan Raharja • 25 Februari 2020 10:19
Cilegon: Merek pelumas Mobil akhirnya melakukan produksi pelumas untuk kendaraan bermotor di pabrik milik Federal Oil yang berlokasi di Cilegon Banten. Hal ini tidak terlepas dari akuisisi yang dilakukan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia sebagai pemilik merek pelumas Mobil terhadap pabrikan pelumas lokal itu.
 
Untuk tahap awal, salah satu produk yang mulai diproduksi adalah Mobil Super Moto yang diperuntukan sebagai pelumas mesin sepeda motor. Sebelumnya, pelumas tersebut diproduksi di pabrik mereka di Jurong Singapura. Dan kini Super Moto menjadi produk pertama yang diproduksi di Indonesia.
 
"Kami sudah merencanakan produksi pelumas ExxonMobil di Indonesia. Ini merupakan produksi pertama produk mereka di Indonesia. Untuk bisa mencapai dalam tahapan produksi, ada tahapan dan proses yang cukup panjang, mulai dari penyesuaian prosesnya, safety dan prosedur yang sesuai dengan standarisasi ketat,” terang Head of Indonesia Lubricants Market ExxonMobil, Patrick Adhiatmadja, melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Patrick menambahkan, pelumasnya itu memiliki target pengguna sepeda motor yang senang berpetualang, artistic, dan pemimpin. Pelumas produksi lokal ini merupakan produk pelumas yang dapat melindungi, meningkatkan performa mesin, dan cocok untuk karakter mesin-mesin sepeda motor yang digunakan di Indonesia.
 
"Dengan mulai diproduksinya pelumas ini di Indonesia, diharapkan mampu meningkatkan dan memudahkan penjualan pelumas di Indonesia. Bagi kami ini sebuah tonggak yang bersejarah untuk ExxonMobil Lubricants karena ini pertama kalinya pelumas Mobil mulai diproduksi di Indonesia yang tentunya akan dipasarkan juga di Indonesia," tambah Mobil Brand General Manager, Andhina Sofiarman.
 
Lalu apa efek positifnya bagi konsumen di Indonesia? Tentu lagi-lagi akan berdampak terhadap kesesuaian spesifikasi yang dibutuhkan oleh karakter berkendara orang Indonesia. Kemudian juga karakter lingkungan dan bahkan harga bisa lebih kompetitif.
 
Artinya, konsumen pun bisa punya lebih banyak pilihan lantaran sudah banyak juga pelumas yang diproduksi secara lokal. Sebut saja ada Pertamina Lubricants dengan pabrik di Tanjung Priok Jakarta dan Shell Lubricants dengan pabrik di Marunda Bekasi. belum lagi beberapa APM yang mulai bekerja sama dengan produsen pelumas tertentu untuk spek pelumas milik mereka sendiri. Misalnya Suzuki dengan Ecstar, lalu Honda dan Yamaha pun punya merek pelumas sendiri.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif