Test Drive

Menjajal Kabin Datsun Cross, Serupa dengan Go+ Panca

Ekawan Raharja 19 Januari 2018 17:03 WIB
test drive
Menjajal Kabin Datsun Cross, Serupa dengan Go+ Panca
Datsun Cross memiliki sensasi duduk di penumpang layaknya Go+ Panca. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Datsun untuk pertama kalinya memperkenalkan Cross di dunia. Meski belum merasakan sensasi berkendara mini crossover ini, tim medcom.id sudah merasakan duduk di kabin mobil produksi Purwakarta Jawa Barat tersebut.

Pertama kali kami membuka dan menutup pintu mobil, suaranya sudah lebih halus dibandingkan Go Panca dan Go+ Panca. Ini berkat penambahan karet-karet di bagian pintu sehingga meredam suara ketika pintu digunakan.

Mulai dari duduk di jok baris depan, jok yang digunakan sudah berbeda dibandingkan Go Panca dan Go+ Panca. Jok antara pengemudi dan penumpang di baris depan sudah terpisah.

Untuk tester driver Medcom.id dengan postur 160 cm dan 75 kilogram, jok yang ditawarkan sudah cukup nyaman. Desain joknya cukup untuk memeluk penumpang dengan baik. Tersedia juga leg room dan head room yang cukup luas, bahkan untuk penumpang dengan postur tinggi 170 cm.


Kemudian berpindah ke jok pengemudi, kami kesulitan untuk mendapatkan posisi mengemudi terbaik. Jok yang tidak bisa diatur ketinggiannya dan lingkar kemudi yang tidak dilengkapi dengan tilt steering, membuat pandangan pengemudi terhalang oleh lingkar kemudi dan desain dashboard yang cukup tinggi.

Posisi tuas perseneling di bawah dashboard juga membuat mudah untuk dijangkau oleh tangan. Jangan lupakan di antara jok depan terdapat konsol tengah untuk meletakan barang yang cukup ringkas seperti telepon genggam, power bank, atau juga dompet.

Perlu diingat juga untuk penumpang di depan dan pengemudi, sudah diberikan perlindungan dengan airbag. Sedangkan sabuk pengaman yang ada di depan juga sudah dibekali dengan fitur pretensioner.

Beralih ke jok baris kedua, desain jok yang ditawarkan cukup nyaman. Tersedia leg room dan head room yang cukup luas. Tapi kami memperkirakan, jok baris kedua cukup nyaman untuk dua orang penumpang dewasa dan satu penumpang anak-anak.

Sedangkan untuk jok baris ketiga, kami tidak menyarankan untuk penumpang dewasa. Test driver harus menekuk kaki dan tidak ada head room yang tersisa untuk penumpang dewasa. Bahkan untuk penumpang dengan postur 170 cm, harus menekuk badannya ketika duduk di baris belakang karena bagian kepala mentok kaca pintu belakang.

Kami menyimpulkan kalau posisi penumpang yang ditawarkan oleh Cross tidak jauh berbeda dengan Go+ Panca. Hanya saja dari segi kenyaman terdapat sejumlah perbaikan, dan bisa membuat penumpang lebih nyaman ketika berkendara.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id