Modifikasi Expo

IMX 2018, Wadah Tuner Indonesia 'Unjuk Gigi'

Ahmad Garuda 17 November 2018 12:03 WIB
pameran otomotif
IMX 2018, Wadah Tuner Indonesia 'Unjuk Gigi'
Indonesia Modification Expo 2018 resmi dibuka hari ini. medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Indonesia Modification Expo (IMX), akhirnya resmi digelar hari ini, Sabtu-Minggu (17-18/11/2018). Berbeda dengan event kontes modifikasi yang biasanya berlangsung di Indonesia, IMX ingin lebih mengutamakan kualitas garapan tuner-tuner lokal untuk diperkenalkan ke pengunjung.

Pendiri National Modification & Aftermarket Association (NMAA) sekaligus ketua penyelenggara IMX 2018, Andre Mulyadi merasa sangat bangga. Lantaran acara yang Ia persiapkan dalam dua tahun terakhir ini seperti menyatukan komitmen untuk membentuk sebuah pakem khas industri aftermarket di Indonesia.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pelaku industri komponen aftermarket di Indonesia atas dukungan terbesarnya mewujudkan acara ini. Mengingat kami sudah lama bermimpi untuk mempunyai event expo modifikasi sendiri seperti layaknya Jepang punya expo sendiri atau Amerika punya expo sendiri. Mengingat ini menjadi kekuatan mereka untuk memperkenalkan produk lokal yang diproduksi untuk dipasarkan secara global," klaim Andre.

Ia pun berharap, misi utama mereka yaitu terjadinya hubungan bisnis yang lebih meluas hingga ke dunia, bisa tercapai lebih baik. Sehingga membuat industri aftermarket di Indonesia ini lebih hidup.


Acara pembukaan hari ini dihadiri Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian, Ir. Harjanto, M.Eng  dan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP), Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika.

“Saya senang IMX 2018 bisa menjadi wakil kegiatan modifikasi dari industri aftermarket Indonesia. Semoga teman-teman pegiat industri aftermarket dari Jepang hingga Amerika yang hadir hari ini mendapat potensi bisnis atau mau berinvestasi di Indonesia. Seperti optimisme Andre, kami juga berharap modifikasi dan aftermarket bakal menjadi industri yang menjanjikan,” sambut Harjanto.

IMX dibuat sebagai platform baru pameran modifikasi di Indonesia yang akan menjadi 'mercusuar' perkembangan modifikasi tanah air. Tak heran dalam penyelenggaraannya tak hanya melibatkan modifikator, namun juga merek-merek aftermarket dalam dan luar negeri, pemegang merek mobil, komunitas, dan juga melibatkan praktisi dari Amerika Serikat serta Jepang.

Hari pertama penyelenggaraan IMX, juga menjadi tempat diluncurkannya beberapa produk, kolaborasi dan karya modifikasi yang siap diliris ke pasaran. Di antaranya Toyota 86 'KARMA' berbalut body kit lokal hasil kolaborasi dengan desainer Amerika Serikat.

Lalu yang kedua adalah kolaborasi Datsun Indonesia dengan lokal sneaker Saint Barkley dan movement Educate Yourself, meluncurkan mobil modifikasi dan sneaker limited edition. Kemudian ada juga versi spesial kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMdes) yang berkolaborasi dengan industri modifikasi Indonesia dan beberapa lagi komponen lainnya.

“Kami menjadikan IMX sebagai ‘panggung’ buat para pelaku modifikasi Indonesia menampilkan produk, karya, dan jasa mereka ke publik. Bukan hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri. Sehingga pada akhirnya kita punya pameran modifikasi sendiri yang bisa mendukung modifikasi menjadi industri besar ke depannya,” pungkas Andre.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id