Nantinya produsen baterai asal Tiongkok ini akan memasok cell baterai lithium ke Volkswagen Group selama 10 tahun ke depan.  VW
Nantinya produsen baterai asal Tiongkok ini akan memasok cell baterai lithium ke Volkswagen Group selama 10 tahun ke depan. VW

Volkswagen Group Amankan Pasokan Baterai Mobil Listrik

Otomotif industri otomotif volkswagen
Ekawan Raharja • 10 April 2019 12:34
Stuttgart: Volkswagen group merupakan salah satu merek otomotif yang agresif melakukan pengembangan mobil listrik dalam beberapa tahun ke depan. Tentu pengembangan mobil listrik ini memerlukan pasokan baterai yang besar dan juga pasti dari vendor mereka.
 
Melihat kondisi ini, Volkswagen Group akhirnya melakukan menandatangi memorandum of understanding (MoU) suplai cell baterai jangka panjang dengan Ganfeng Lithium. Nantinya produsen baterai asal Tiongkok ini akan memasok cell baterai lithium ke Volkswagen Group selama 10 tahun ke depan. Hal ini dirasa cukup bagi grup otomotif asal Jerman tersebut untuk mengamankan kebutuhan baterai mereka.
 
Group Board Member for Components and Procurement Volkswagen AG, Stefan Sommer, menjelaskan dalam 10 tahun ke depan akan ada 70 kendaraan listrik baru yang dihadirkan. Efeknya akan adalah seperempat dari penjualan kendaraan yang dilakukan oleh Volkswagen Group pada 2025 akan bersumber dari kendaraan listrik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Volkswagen Group Amankan Pasokan Baterai Mobil Listrik
 
"Akibatnya akan ada peningkatan yang cepat akan kebutuhan bahan baku untuk cell baterai dalam beberapa waktu ke depan. Kami harus memastikan bisa mengamankan kebutuhan ini sejak awal. Perjanjian untuk lithium, kunci utama bahan baku, sudah kami lakukan dengan Gangfeng yang memiliki arti strategis untuk ekspansi kendaraan listrik kami," ungkap Stefan Sommer dikutip dari situs resmi Volkswagen.
 
Mengingat bukan hanya Volkswagen Group yang sedang mengembangkan kendaraan listrik, beberapa merek otomotif lainnya juga melakukan hal serupa seperti BMW, Toyota, Daimler, dan beberapa merek lainnya.
 
Bahkan diperkirakan kebutuhan akan pasokan lithium di dunia akan meningkat dua kali lipat pada 2023. Sehingga Volkswagen Group gerak cepat dengan membuat kerja sama dengan Ganfeng.
 
Volkswagen Group Amankan Pasokan Baterai Mobil Listrik
 
"Dengan kerja sama yang dilakukan dengan Ganfeng akan membuat rencana lebih aman mengenai kapasitas dan juga biaya. Kolaborasi strategis ini adalah hasil analisis yang dilakukan oleh e-Raw Material Team Volkswagen, sebuah tim khusus yang berfokus membangun hubungan yang erat dengan industri bahan baku," ungkap Head of Corporate Purchasing e-Mobility at Volkswagen AG, Michael Bäcker.
 
Selain memasok kebutuhan lithium, kedua perusahaan ini juga sepakat untuk bekerja sama dengan berbagai topik lainnya, mulai dari daur ulang baterai hingga pengembangan baterai lainnya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif