Hyundai Stargazer. Hyundai
Hyundai Stargazer. Hyundai

Test Drive

Plus Minus Hyundai Stargazer Sebagai Mobil Keluarga Indonesia

Ekawan Raharja • 06 September 2022 11:00
Bekasi: Hyundai Stargazer membuat heboh pasar otomotif nasional dengan masuk ke segmen mobil keluarga yang notabenenya segmen tergemuk di Indonesia. Secara keseluruhan, mobil ini hadir menantang Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Xpander yang terbukti menjadi pilihan banyak keluarga di Tanah Air.
 
Tester driver Medcom.id mendapatkan kesempatan merasakan jadi penumpang Stargazer varian prime non captain seat. Perjalanan yang dirasakan menempuh rute Surabaya, Malang, Surabaya, dan berakhir di Solo.
 
Sensasi pertama yang didapatkan adalah terasa sangat lega sekali karena Headroom dan legroom sangat tersisa banyak bagi orang dengan tinggi 165 cm. Kalau kita bandingkan saja, Stargazer memiliki dimensi 4.460 mm x 1.780 mm x 1.695 mm.
 
Sedangkan untuk Xpander memiliki ukuran 4,595 mm x 1.750 mm x 1,750 mm, dan Avanza memiliki dimensi 4.395 x 1.730 mm x 1.700 mm. Jadi secara di atas kertas, mobil keluarga berlabel Bintang Baru Keluarga ini lebih lebar.
 
Plus Minus Hyundai Stargazer Sebagai Mobil Keluarga Indonesia

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian untuk mendapatkan sensasi lapang secara maksimal, desain jok baris kedua rasanya dibuat sedikit lebih rendah. Efek lain yang dihasilkan juga mempermudah penumpang untuk keluar/masuk mobil, serta rasanya untuk keluarga yang membawa car seat bayi bisa lebih leluasa untuk memasangnya.
 
Tentu saja desain jok yang lebih rendah juga memberikan dampak negatif, seperti pandangan penumpang baris kedua sedikit terganggu dengan bingkai jendela yang sedikit ketinggian. Selain itu, busa jok juga rasa-rasanya terlalu tipis sehingga kurang maksimal memberikan rasa nyaman kala bersandar.
 
Nilai lebih lain yang bisa mengakomodir keluarga kala bepergian adalah banyaknya kompartemen penyimpanan barang, serta 2 lubang USB di balik konsol tengah sehingga tidak perlu berebut untuk mengisi ponsel selama perjalanan. Kemudian di balik jok penumpang depan juga terdapat meja yang diklaim bisa menahan beban hingga 3 kilogram, dan di jok tengah juga tersedia arm rest yang bisa dilipat.
 
Menilik bagasi yang ditawarkan juga tergolong cukup maksimal penataannya. Jok baris ketiga bisa dilipat dan menghasilkan flat deck, membuat lebih banyak barang masuk ke bagasi.
 

Posisi Mengemudi Stargazer Layaknya SUV

Catatan khusus tester driver Medcom.id berikan untuk posisi sopir alias pengemudi selama perjalanan. Desain pilar A dan kaca depan sebenarnya menunjang visibilitas berkendara selama perjalanan.
 
Sayangnya, desain dashboard yang bertumpuk karena mengadopsi desain layaknya Ioniq 5 membuat pandangan tester driver Medcom.id sedikit terganggu. Kemudian untuk pengaturan kursi sopir juga masih manual, sehingga perlu usaha lebih untuk menyesuaikan kursi.
 
Plus Minus Hyundai Stargazer Sebagai Mobil Keluarga Indonesia
 
Namun para insinyur Hyundai sudah mengantisipasinya dengan jok yang bisa ditinggikan cukup tinggi. Sehingga posisi sopir cukup tinggi kala mengemudi dan memberikan sensasi layaknya mengendarai SUV.
 
Demikian kurang lebihnya pengalaman tester driver Medcom.id bersama dengan mobil keluarga seharga Rp307,1 juta (on the road DKI Jakarta). Segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Stargazer kami yakini bisa membuat mobil ini bersaing di segmen LMPV bersama para kompetitornya.

 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif