Ferrari Arno XI. Ferrari
Ferrari Arno XI. Ferrari

Speedboat

Unik & Beda, Ferrari Klasik Ini Cuma Bisa Ngebut di Air

Otomotif ferrari
Ekawan Raharja • 13 Oktober 2020 09:00
Maranello: Ferrari seperti yang kita ketahui membuat mobil yang bisa melesat kencang di jalan dan memiliki desain yang eksotis. Cuma berbeda untuk Kuda Jingkrak satu ini karena hanya bisa melesat kencang di air.
 
Kendaraan satu ini bukanlah sebuah mobi, melainkan hydroplane dengan nama Arno XI. Kendaraan khusus di air ini bukan baru saja diluncurkan, namun sudah ada sejak tahun 1950-an.
 
Desain Arno XI dibuat khusus dengan menggabungkan kemampuan pembalap speed boat, Achille Castoldi, dengan kejeniusan Enzo Ferrari. Jika melihat dari bentuknya, kita akan sepakat bahwa desain yang ditawarkan Arno XI sangat kental dengan DNA Ferrari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unik & Beda, Ferrari Klasik Ini Cuma Bisa Ngebut di Air
 
Secara keseluruhan bentuknya banyak menggunakan aksen bulat di desainnya, namun menghadirkan kesan agresif dan eksotis. Desain sengaja dibuat mengusung sudut-sudut tajam dan spoiler layaknya sirip hiu besar. Sudah pasti menu utama desain ini untuk memaksimalkan sisi aerodinamis.
 
Bagian bawah yang langsung bersentuhan dengan air menggunakan kayu keras dengan lapisan veneer. Sedangkan bagian atasnya menggunakan warna merah khas Ferrari yang dikerjakan langsung oleh Scuderia F1.
 
Unik & Beda, Ferrari Klasik Ini Cuma Bisa Ngebut di Air
 
Tidak lengkap rasanya nama Ferrari apabila tidak menggunakan mesin yang super kuat. Maka dibenamkanlah mesin 4.500 cc V12 milik Ferrari 375, namun dengan sejumlah penyesuaian, yang akhirnya mampu melontarkan tenaga 550-600 daya kuda. Terbukti mesin dan rancang bangun yang ditawarkan Arno XI unggul dan akhirnya mencetak rekor baru dengan kecepatan tertinggi 242 kilometer per jam.
 
Arno XI ini sempat di lelang oleh rumah lelang Sotheby dengan harga USD 1 juta pada 2012. Tetapi baru-baru ini hydroplane ini kembali berpindah tangan dengan harga mencapai USD 12 juta atau senilai Rp 176 miliar.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif