Kia Sonet memiliki inspirasi desain body dari Anak Gajah. Medcom.id/Ekawan Raharja
Kia Sonet memiliki inspirasi desain body dari Anak Gajah. Medcom.id/Ekawan Raharja

Mobil Baru

Kia Sonet 'Anak Gajah' Dibanderol Mulai dari Rp193 Juta

Otomotif mobil baru kia Mobil SUV
Ekawan Raharja • 11 November 2020 15:00
Jakarta: Kia secara resmi menambah lini kendaraan yang ditawarkannya dengan menghadirkan Sonet. Compact Sport utility vehicle (SUV) ini hadir dengan menawarkan sejumlah teknologi dan harga mulai dari Rp193 Juta (on the road DKI Jakarta).
 
Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, Andrew Nasuri, menerangkan kehadiran Sonet ini menjadi pertanda langkah mereka bermain di kelas Compact SUV 5 penumpang di Tanah Air. Secara posisi. Sonet berada di bawah Seltos yang sudah terlebih dahulu meluncur di awal tahun 2020.
 
"Sonet sebuah SUV terbaru yang memiliki berbagai keunggulan. Kia Sonet juga menunjukkan komitmen grup Indomobil untuk merek Kia di Indonesia,” ungkap Andrew Nasuri Rabu (11/11/2020) di sela-sela peluncurannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kia Sonet 'Anak Gajah' Dibanderol Mulai dari Rp193 Juta
 
melihat ukurannya, Sonet memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.642 mm dan wheelbase mencapai 2.500 mm. Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, bercerita bahwa mobil ini kemudian dilengkapi dengan desain body yang terinspirasi dari bentuk anak gajah.
 
"Di bagian grill masih mempertahankan desain khas tiger nose, namun untuk body-nya terinspirasi dari hewan anak gajah," ungkap Ario dikesempatan terpisah.
 
Kemudian di bagian eksterior, konsumen bisa menemukan lampu utama dan daytime running light LED dipadukan foglamp proyektor, pelek palang 16 inci, roof rail, sunroof, dan sentuhan krom di berbagai sisi. Kemudian untuk ground clearance cukup tinggi, mencapai 205 mm, dan ini menjadi salah satu ciri khas mobil SUV.
 
Kia Sonet 'Anak Gajah' Dibanderol Mulai dari Rp193 Juta
 
Begitu masuk ke dalam kabin, penumpang akan langsung disambut dengan balutan kulit di jok, setir, dan berbagai panel yang ada. Soal hiburan tidak perlu khawatir karena sudah tersedia head unit 8 inci yang siap terkoneksi dengan Android Auto atau Apple CarPlay. Khusus untuk varian Premier, varian tertinggi, akan ketambahan fitur berupa ventilated seats, Bose audio system, smart key with remote starter, ambience light, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Cruise Control.
 
Meskipun mobil ini diproduksi dan didatangkan secara utuh dari India, namun spesifikasi yang diberikan memang khusus dikembangkan untuk pasar Indonesia. "Indonesia merupakan negara pertama yang menggunakan mesin baru 1.500 cc Gamma II Smartstream Engine," terang Ario.
 
Mesin berkubikasi 1.497 cc DOHC Dual-CVVT mampu hadirkan tenaga 115 PS @ 6.300 rpm dan torsi 144 Nm @4.500 rpm yang disandingkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8 virtual gear.
 
Kia Sonet 'Anak Gajah' Dibanderol Mulai dari Rp193 Juta
 
Kemudian soal keselamatan penumpang, rival Honda HR-V dan Suzuki SX4 S-Cross ini sudah dilengkapi dengan 6 airbag, VSC yang mencakup ABS, EBD, Hill Assist Control, rear camera dengan dynamic guide, sampai dengan pengaturan mode berkendara.
 
Lantas bagaimana sensasi mengendalikan 'anak gajah' satu ini? Menarik untuk dinantikan ulasan berikutnya.

Daftar harga Kia Sonet (On the Road DKI Jakarta)

Sonet 1.5 iVT Premiere: Rp289,000,000
Sonet 1.5 iVT Dynamic: Rp265,000,000
Sonet 1.5 iVT Smart: Rp251,500,000
Sonet 1.5 M/T Smart: Rp238,500,000
Sonet 1.5 M/T Active: Rp204,500,000
Sonet 1.5 M/T Standard: Rp193,000,000
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif