Mesin bus Hino.
Mesin bus Hino.

Budaya 'Ngoprek' Mesin Bus Sulit Dibasmi, Hino Tawarkan Solusi

Adri Prima • 18 November 2021 22:55
Tangerang: Kebiasan 'ngoprek' mesin bus yang dilakukan oleh oknum mekanik ataupun sopir sudah menjadi budaya. Kultur adjusment (pengaturan) di mesin bus tentunya tidak dianjurkan karena berpotensi merusak mesin hingga mengancam keamanan penumpang. 
 
Aftersales Service Director PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Irwan Supriyono mengatakan tren adjustment memang menjadi salah satu hal yang sulit untuk diberantas. Pasalnya, kebanyakan para owner PO bus juga jarang terlibat langsung dalam hal perawatan bus-bus perusahaan mereka. 
 
"Ini sulit karena harus disiplin. Kita (Hino) juga nggak bisa kontrol, karena ada saja driver atau mekanik yang bandel. Makanya kita selalu edukasi ke owner, mereka harus sadar kalau akibatnya akan fatal jika mekanik atau sopir mereka melakukan adjustment pada mesin," kata Irwan Supriyono di booth Hino, GIIAS 2021, Rabu, 17 November 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait dengan tren adjusment di mesin bus, Irwan menyatakan bahwa faktanya justru lebih banyak pihak PO yang melakukan adjusment dibandingkan dengan yang tidak melakukan adjustment. 
 
"Lebih banyak mekanik yang ngoprek mesin dibanding mereka yang tidak. Banyakan yang adjust sih, saya nggak tahu presentasenya tapi sepertinya lebih banyak yang adjust," lanjutnya. 
 
Meski kebiasaan 'ngoprek' tersebut sulit untuk dibasmi, namun Hino tetap konsisten dalam memberikan edukasi, khususnya kepada para owner PO.
 
"Kita sering ngadain seminar, kita sering meeting sama owner. Cara antisipasi yang paling efektif itu memang dari sistem manajemen PO-nya sih. Mereka ada manajemen control dan kesadaran owner, mekanik, hingga sopir." 
 
"Tapi nanti saat udah Euro 4 (mesin commonrail) sudah tidak mungkin mereka melakukan adjustment. Tapi kan masalahnya unit-unit yang lama masih ada," tutupnya. 
 
Booth Hino di GIIAS 2021
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif