New Suzuki Ignis punya spesifikasi berbeda dengan New Ignis di India. Suzuki
New Suzuki Ignis punya spesifikasi berbeda dengan New Ignis di India. Suzuki

Mobil Baru

Impor dari India, New Suzuki Ignis Indonesia Beda Spek?

Otomotif suzuki suzuki mobil
Ahmad Garuda • 11 April 2020 07:53
Jakarta: Suzuki Indonesia rupanya komitmen untuk urusan jadwal peluncuran mobil jagoan mereka, yaitu New Suzuki Ignis pada Kamis (9/4/2020). Begitu juga dengan kesiapan mereka soal permintaan mobil, padahal mobil ini diimpor dari India dan pabrik Suzuki Maruti di India sudah tutup sementara akibat semakin meluasnya Covid-19.
 
Meski demikian, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menegaskan bahwa mereka sudah mengimpor unit terbaru sebanyak 800 uni hingga saat ini. Sehingga untuk stok yang ada, diklaim masih mencukupi hingga beberapa waktu ke depan. Hal yang cukup mengagetkan adalah soal spesifikasi yang diberikan Suzuki ternyata ada sedikit penyesuaian.
 
"Iya, itu benar adanya. Mengingat Suzuki di India sana sudah menggunakan bahan bakar bensin dengan spesifikasi Euro 5. Sementara di Indonesia masih menggunakan spesifikasi bahan bakar Euro 4. Tentu ada perbedaan di sisi ECU dan ECM untuk menyesuaikan dengan bahan bakar yang ada. Itu juga yang menyebabkan Suzuki di India membuat mobil spek khusus pasar Indonesia," klaim Head of Product Development Kendaraan Roda Empat SIS, Yulius Purwanto melalui keterangan resminya kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantaran menggunakan spesifikasi yang berbeda, ini menjadi tugas besar bagi Suzuki di Indonesia untuk menjalankan strategi yang lebih baik terutama untuk penjualan kendaraan yang mereka sematkan ke segmen baru yaitu Urban SUV ini.
 
Dituturkan oleh 4W Marketing Director, PT SIS, Donny Saputra, bahwa untuk saat ini mereka merasa stok aman. Apalagi dengan adanya Covid-19 di Indonesia, terjadi penundaan pembelian. Sehingga bisa jadi stok ini sedikit bertahan lebih lama.
 
"Kami sudah melakukan impor unit New Ignis sejak Januari dan Februari 2020 ini masing-masing 400 unit. Saat itu kami memperkirakan bakal cukup untuk stok hingga menjelang lebaran tahun ini. Namun karena terjadi pandemik global seperti ini, maka kemungkinan banyak yang melakukan penundaan pembelian kendaraan," imbuh Donny.
 
Meski demikian, PT SIS cukup optimis versi terbaru New Ignis ini bisa kembali menaikkan pangsa pasar mobil dimensi kecil dari brand berlogo S prisma itu. Walau tak mudah, mengingat pesaingnya di cluster city car juga cukup beragam. Ada Honda Brio, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang juga cukup jadi pemain tangguh di pasar otomotif nasional.
 
Beruntung New Ignis memainkan segmentasi yang sedikit berbeda dengan tampilamn mobil ala SUV. Sehingga ini turut memaksa mereka yang doyan gaya SUV berbodi kompak, tak punya pilihan selain ini.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif