Alcoa Wheels Dura-Bright EVO khusus untuk kendaraan komersial bus dan truk. Alcoa Wheels
Alcoa Wheels Dura-Bright EVO khusus untuk kendaraan komersial bus dan truk. Alcoa Wheels

Komponen Otomotif

Penggunaan Pelek Alumunium untuk Kurangi Bobot Kendaraan Komersial

Otomotif komponen otomotif
Ekawan Raharja • 09 Maret 2020 15:18
Jakarta: Larangan bus dan truk overload over dimension (ODOL) terus digalakan oleh pemerintah agar tidak merugikan pengguna jalan lainnya serta meningkatkan keselamatan di jalan raya. Bagi pemilik bus atau truk kini bisa mulai memikirkan penggunaan komponen-komponen berbahan ringan serta kuat untuk mengurangi bobot kendaraan.
 
Salah satunya adalah menggunakan pelek dengan bahan alumunium seperti yang ditawarkan oleh Alcoa Wheels Dura-Bright EVO, pelek khusus untuk kendaraan komersial bus dan truk. Pelek ini menggunakan bahan utama alumunium yang bisa menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan untuk memaksimalkan berat muatan. Selain itu sifat alamiah aluminium yang tidak memberikan bunga api memberikan manfaat bagi keselamatan penggunanya untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat gesekan pelek dengan jalan.
 
“Para pelanggan kami merasakan manfaat yang penggunaan ban tubeless dan pelek Alcoa memberikan efek umur ban, kampas rem, dan komponen lain dari kendaraan lebih panjang. Sehingga membantu para pelanggan untuk menurunkan biaya operasional mereka”, ujar Direktur PT Paduan Goedi Sinar Indonesia (Distributor Alcoa), Amstrong Mia, melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski memiliki bahan alumunium, Amstrong mengklaim, pelek ini mempunyai sifat lima kali lebih kuat dibandingkan pelek besi standar. Selain itu soal keamanan, kemampuan alumunium untuk menyerap dan melepas panas tiga kali lebih cepat dibandingkan besi.
 
Kemudian sebagai pembeda dengan pelek kendaraan komersial lainnya, Dura-Bright EVO menawarkan tampilan yang mengkilap. Mereka menjamin pelek mereka tahan terhadap asam hidroklorik yang biasa ditemukan di sabun pembersih truk dan bus sehingga pelek akan terus berkilau dalam pemakaian beberapa tahun.
 
“Dengan adanya pelek Dura-Bright EVO, kami memberikan pilihan bagi pelanggan yang menginginkan penampilan lebih premium dan kemudahan dalam perawatan pelek bagi kendaraan mereka,” tutup Amstrong Mia.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif