Nissan Leaf 100 persen ditenagai energi listrik. Medcom.id/Ekawan Raharja
Nissan Leaf 100 persen ditenagai energi listrik. Medcom.id/Ekawan Raharja

Rumah Mati Lampu? Bisa Gunakan Mobil Listrik Sebagai Genset

Otomotif mobil listrik nissan
Ekawan Raharja • 11 September 2019 15:00

Cikarang: Beberapa mobil listrik memiliki kemampuan lebih dari sekadar alat transportasi. Ternyata beberapa mobil listrik juga dibekali dengan kemampuan sebagai sumber tenaga bila dibutuhkan.
 
Teknologi ini sudah diterapkan di Nissan Leaf dan Mitsubishi Outlander PHEV. Kedua mobil ini bahkan bisa menyuplai listrik untuk rumah bila dibutuhkan di kondisi-kondisi tertentu.
 
President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi, menjelaskan Leaf bisa dimanfaatkan sebagai sumber listrik ketika dibutuhkan. Bahkan kemampuan ini sudah di coba saat Tokyo mati lampu akibat angin topan, dan pemilik rumah memanfaatkan Leaf sebagai sumber listrik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Leaf dijadikan sumber listrik ketika Tokyo dihantam angin topan dan mati lampu total. Di sana, Leaf dijadikan sumber cadangan tenaga," ungkap Isao Sekiguchi do Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat.
 
Bahkan dengan kondisi baterai terisi penuh, Leaf bisa bertahan selama empat hari. Teknologi ini sudah di coba oleh masyarakat Jepang, hingga 7.000 rumah yang menggunakan Leaf.
 
Senior Manager Research and Development PT Nissan Motor Indonesia, Jauhari Adzannis, menjelaskan hal ini memungkinkan bagi mobil listrik yang mengadopsi arus listrik AC dan DC. Sedangkan Nissan menyebut teknologi ini dengan nama Vehicle to Home or Grid.
 
"Caranya adalah mengubah dari tegangan tinggi DC ke AC 200V dengan menggunakan alat PCS (power control system) yang terhubung ke kelistrikan di rumah," ungkap Jauhari Adzannis.
 
Nissan Indonesia berencana untuk menghadirkan Leaf pada 2020. Kehadirannya di Indonesia cukup menarik karena mobil ini menggunakan 100 persen tenaga listrik, dan belum ada kompetitornya di model hatchback.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif