Volkswagen memiliki pabrik perakitan di Cikampek Jawa Barat. Medcom.id/Ekawan Raharja
Volkswagen memiliki pabrik perakitan di Cikampek Jawa Barat. Medcom.id/Ekawan Raharja

Selain Tiguan Allspace, Volkswagen Janji Rakit Mobil Lainnya

Otomotif industri otomotif volkswagen
Ekawan Raharja • 03 Oktober 2019 13:00
Jakarta: Volkswagen kembali memulai perakitan di Indonesia melalui Tiguan Allspace yang merupakan mobil keluarga bermodelkan sport utility vehicle (SUV). Bahkan tidak sampai disitu saja, merek asal Jerman ini juga menjanjikan model-model lain untuk bisa dirakit di Indonesia.
 
Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana, menerangkan bahwa mereka sudah memiliki rencana untuk merakit sejumlah mobil di Indonesia. Hal ini sejalan dengan kembali beroperasinya pabrik perakitan Volkswagen dan Indomobil Group yang berlokasi di Cikampek Jawa Barat.
 
"Kita juga siapkan mobil berikutnya di Indonesia. Model apa itu? Tunggu, sabar," ucap Jonas Chendana (Rabu 2/10/2019) di Pullman Hotel Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini tidak terlepas dari kapasitas perakitan pabrik mereka mencapai 6.000 unit per tahun. Padahal untuk alokasinya saat ini baru digunakan oleh Tiguan Allspace yang mengambil jatah 2.000 unit per tahun.
 
Selain itu, keberadaan Volkswagen Indonesia sekarang ini dipantau secara langsung oleh prinsipal di Jerman. Mereka menargetkan merek Jerman ini harus bisa berkembang di Indonesia dalam lima tahun mendatang.
 
Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Stephan Weil yang merupakan oleh Minister President of Lower Saxony dan Supervisory Board Volkswagen AG ke acara handover Tiguan Allspace kepada konsumen di tanah air. Stephan Weil mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang penting dan memiliki loyalitas Volkswagen yang tersebar di seluruh daerah.
 
"Lima tahun harus berkembang. Ketika dia (Stephan Weil) mengatakan sesuatu, itu menjadi titah. Disampaikan model-model berikutnya demi kemajuan di Indonesia," tegas Jonas Chendana.
 
Sebelumnya Volkswagen Indonesia sudah pernah melakukan perakitan CKD untuk model Touran dan Golf A6 pada 2009, Tiguan pada 2012, dan Golf A7 pada 2013. Namun kini mereka kembali melakukan perakitan untuk Tiguan Allspace dari pertengahan 2019 ini.
 
Selain di Volkswagen, Hyundai hingga saat ini juga baru memiliki pabrik perakitan di Bekasi. Hingga saat ini, pabrik perakitan tersebut baru merakit model H-1 yang juga sudah diekspor ke Thailand.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif