Halo Suzuki sudah diakses hingga 40 ribu orang konsumen di 2018. Suzuki
Halo Suzuki sudah diakses hingga 40 ribu orang konsumen di 2018. Suzuki

GIIAS 2019

Pemanfaatan Call Center Merek Otomotif, Meningkat Setiap Tahun

Ekawan Raharja • 25 Juli 2019 12:05
BSD City: Setiap merek otomotif sekarang ini sudah memiliki call center yang selalu siap sedia dihubungi oleh konsumen mereka. Bahkan setiap tahunnya, selalu ada peningkatan jumlah konsumen yang menghubungi call center untuk meminta berbagai informasi atau mengakses layanan purna jual.
 
Section Head Service Administration PT Suzuki Indomobil Sales, Totok Yulianto, menjelaskan setiap tahunnya ada lebih dari 30 ribu orang yang menghubungi call center. Bahkan di 2018 kemarin, sudah mencapai 42 ribu orang yang menghubungi call center Suzuki dengan berbagai keperluan.
 
"Sejauh ini mereka masih bertanya mengenai informasi kendaraan roda empat, roda dua, dan on board machine (OBM) mengenai layanan penjualan, purna jual, dan suku cadang mencapai 72 persen. selain itu ada pula yang meminta layanan darurat, booking service, home servis, dan beberapa hal lainnya," ungkap Totok Yulianto Rabu (25/7/2019) di GIIAS 2019.

Totok menjelaskan call center Suzuki dengan nama Halo Suzuki memang bisa digunakan untuk seluruh produk Suzuki. Hanya saja untuk jangkauannya, menurutnya capaian 2018 belum optimal menjangkau seluruh pelanggan mereka.
 
Pemanfaatan Call Center Merek Otomotif, Meningkat Setiap Tahun
 
Agar bisa dikenal lagi oleh konsumen mereka, Suzuki akhirnya menggelar lomba Desain Logo Halo Suzuki. Mereka menilai cara ini bisa menjadi salah satu penyegaran serta memperkenalkan lagi kepada masyarakat mengenai layanan telepon bebas biaya tersebut.
 
“Dalam sepuluh tahun ini, Halo Suzuki hadir tidak hanya sebagai sarana untuk melengkapi layanan purnajual Suzuki, tetapi juga terus bertransformasi untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen. Sebagai layanan yang selalu menemani konsumen setia Suzuki, kami menyadari bahwa layanan teknis perlu diimbangi lewat interaksi dengan konsumen. Hal itu tercermin dari logo baru Halo Suzuki yang dibuat dengan melibatkan konsumen setia Suzuki," sambung Service Dept. Head 2W, 4W dan Marine PT Suzuki Indomobil Sales, Riecky Patrayudha, dikesempatan yang sama.
 
Soal pelayanan, anak Indomobil Group ini terus mengimbanginya dengan perbaikan layanan call center. Sejak tahun 2010, Halo Suzuki menyediakan informasi, mengatur rencana booking servis ke diler dan membantu penyelesaian keluhan konsumen. Pelayanan yang diawali dari penyediaan call center bebas pulsa untuk informasi terkait kendaraan roda empat, di tahun 2011 meningkat menjadi call center 24 jam untuk kendaraan roda empat, roda dua, dan Marine. Sejak tahun 2013 dilengkapi oleh websurvey dan telesurvey agar dapat memberikan pelayanan lebih spesifik kepada konsumen.
 
"Melalui layanan ini kami juga ingin mendapatkan masukan mengenai kepuasan pelanggan terhadap layanan kami, sehingga mereka bisa terus meningkatkan layanan dari waktu ke waktu."
 
Saat ini hampir semua merek seperti Daihatsu, Toyota, Mazda, BMW, Mercedes-Benz, dan merek lainnya sudah memiliki call center masing-masing. Bahkan kini Toyota sudah memiliki virtual assisten yang lebih canggih bisa memberikan beragam informasi mengenai seluruh kendaraan dan layanan yang disediakan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan