ICar Asia kini akuisisi Carmudi Indonesia. Mobil123.com
ICar Asia kini akuisisi Carmudi Indonesia. Mobil123.com

Persaingan Carlisting Sengit, Mobil123 Akuisisi Carmudi

Otomotif industri otomotif mobil bekas
Ekawan Raharja • 20 September 2019 07:40
Jakarta: Persaingan iklan baris otomotif (car listing) di Indonesia kian sengit dengan kehadiran banyak iklan baris jual-beli mobil online belakangan ini. Beragam strategi dilakukan dari tiap-tiap carlisting, dan iCar Asia memiliki strategi memperkuat bisnis iklan baris otomotif dengan mengakuisisi Carmudi Indonesia.
 
iCar Asia mengumumkan telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi situs rivalnya itu, dan kini akan berkolaborasi dengan 'anak kandung' mereka yang bernama Mobil123 yang juga bergerak di bidang carlisting. Diumumkan bahwa perjanjian ini senilai USD3 juta atau sekitar Rp42 miliar yang akan dibayarkan selama dua periode.
 
Akuisisi ini akan menunggu pada tahap penyelesaian dokumen dan diharapkan akan selesai pada atau sekitar 15 Oktober 2019. Sebagai awalnya, perusahaan asal Malaysia ini membayar USD2 juta dolar, dan penyelesaiannya senilai USD1 juta akan dilakukan pada 15 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


CEO iCar Asia, Hamish Stone, menjelaskan kerja sama ini untuk memperkuat perusahaannya peluang untuk memperluas penguasaan market bisnis mobil bekas dengan melakukan akuisisi. Terlebih situs yang mereka akuisisi itu juga memiliki pusat penjualan otomotif offline di Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya.
 
“Senang rasanya mereka bergabung di grup kami. Artinya ini semakin memperkuat posisi iCar Asia di pasar Indonesia terutama segmen mobil baru dan mobil bekas. Akuisisi ini mengukuhkan visi kami untuk menjadi platform yang digunakan konsumen untuk menyelesaikan semua kebutuhan otomotif mereka,” ungkap Hamish Stone.
 
Kombinasi bisnis marketplace otomotif di Indonesia ini diharapkan mendapatkan lebih dari dua kali revenue dengan tingkat pertumbuhan yang meningkat. Mereka juga menargetkan pencapaian titik impas pada 2020. Group masih berada pada jalur untuk mencapai titik break even EBITDA (Earnings Before Interest, Tax, Depreciation & Amortization/Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi & Amortisasi) pada akhir 2019.
 
Pertumbuhan carlisting di Indonesia memang belakangan semakin ramai, melihat peluang bisnis jual beli mobil bekas dan baru yang menggiurkan. Selain carmudi dan mobil123.com, kini sudah ada juga oto.com, rajamobil.com, caroline.id, dan beberapa nama lainnya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif