Mitsubishi Ralliart Triton. Medcom.id/Ekawan Raharja
Mitsubishi Ralliart Triton. Medcom.id/Ekawan Raharja

Balap Mobil

Bersiap Di AXCR 2022, Rifat Coba Triton Standar Cuma Ganti Suspensi

Ekawan Raharja • 02 November 2022 09:00
Tokyo: Rifat Sungkar ditunjuk oleh tim Mitsubishi Ralliart untuk menjadi pembalap utama di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022. Uniknya saat melakukan uji coba di Thailand, dia mencoba medan dengan bermodalkan Mitsubishi Triton standar.
 
Rifat menyebutkan bahwa tim turun dengan menggunakan production car saja. Kemudian sebagai pendukung, tim mengganti suspensi mobil untuk menghadapi uji coba kendaraan.
 
"Begitu saya di Thailand, saya kaget, testing 3 hari, mobil yang dipakai standar yang diganti shockbreaker saja. Jadi kita lihat produk Mitsubishi seperti apa," cerita Rifat pada Selasa (1-11-2022) di Kebayoran Baru Jakarta.
 
Kemudian selama uji coba, di mobil juga sudah dilengkapi dengan 16 titik telemetri di berbagai sudut sasis. Teknologi ini berfungsi untuk mengecek keretakan sasis mobil.
 
"Sampai ribuan kilometer, tidak ada keretakan," bebernya.
 
AXCR 2022 dimulai dari tanggal 21 - 26 November 2022 di Thailand dan Kamboja. Rifat bersama navigator, Chayapon Yotha, akan menggunakan Triton di kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam).
 
Tentu saja mobil yang akan digunakan nanti akan berbeda dengan mobil saat uji coba. Triton yang digunakan di AXCR 2022 sudah mendapatkan sentuhan dari Mitsubishi Ralliart.
 
Bobot kap mobil, pintu depan dan belakang, interior dan bagian lainnya dipangkas dengan cara menggunakan material carbon fiber yang lebih ringan. Sedangkan body dan struktur mobil diperkuat dengan roll cage dan underguard.
 
Sektor suspensi mendapat ubahan menggunakan CUSCO fully-adjustable dan rem ENDLESS 4 piston, agar handling meningkat dari standarnya. Agar traksi lebih menggigit maka dipasangkan Limited Slip Differential (LSD) depan dan belakang keluaran CUSCO.
 
Ubahan sektor ban off-road dipercayakan kepada Yokohama GEOLANDAR M/T G003 265/70R17 dikombinasikan pelek WORK Aluminium 17 inci. Kombinasi ini akan meningkatkan handling di permukaan jalan yang kasar.
 
Penyetelan mesin diesel turbo 2.400 cc difokuskan untuk mereduksi friction loss dan bobot. Berdasarkan performa mesin yang diumumkan, tenaga yang dikeluarkan di 151,5 daya kuda dengan torsi 430 Nm. Tenaga ini kemudian disalurkan ke roda melalui sistem Super Select 4WD-II dengan transmisi 6 percepatan manual.
 
Tim Mitsubishi Ralliart hanya mengubah powerband mesin berada di putaran bawah dan menengah untuk menghadapi trek AXCR. Beberapa tahapan AXCR akan meliputi aksi menyeberangi sungai, sehingga modifikasi kedap air juga telah ditambahkan, seperti penyegelan yang lebih kuat dan snorkel saluran masuk udara.
 
AXCR adalah reli lintas alam yang sangat berat dengan rute sepanjang 2.000 kilometer melalui medan alam yang unik di Asia Tenggara. AXCR biasanya diadakan pada bulan Agustus setiap tahunnya, namun balapan dibatalkan pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan