Mobil Listrik

Nissan Berani Garansi Baterai Leaf Hingga 8 Tahun

Ahmad Garuda 14 Februari 2018 07:28 WIB
mobil listriknissan
Nissan Berani Garansi Baterai Leaf Hingga 8 Tahun
Nissan berani berikan garansi selama 8 tahun untuk baterai New Leaf. medcom.id/Ahmad Garuda
Singapura: Baterai mobil listrik masih jadi salah satu hal yang dicari solusinya. Mengingat pabrikan ingin membuat baterai mobil listrik punya kemampuan untuk melakukan pengisian baterai cepat, kapasitas besar, penyaluran energi yang tepat hingga daya tahan baterai.

Hal ini juga yang menjadi tantangan banyak pabrikan otomotif dalam mengembangkan mobil listrik. Namun Nissan sepertinya jadi pabrikan pertama yang menemukan formulasinya. Mereka bahkan berani menjamin bahwa baterai yang terpasang di dua mobil listriknya yaitu Leaf dan Note e-Power, takkan ada masalah hingga 8 tahun.

"Kami juga mengalam masalah yang sama dengan pabrikan lain saat mengembangkan baterai untuk Leaf. Tapi berkat ketekunan tim riset, perlahan formulasi daya tahan baterai bisa kami temukan. Sebenarnya untuk daya tahan, kami berani mengatakan bisa hingga 20 tahun hingga 25 tahun tergantung dari cara penggunaan juga," klaim Director Global Electric Vehicle Business Unit Nissan Motor Corporation, Nic Thomas di Nissan Future Singapura pekan lalu.

Sebagai gambaran saja, kapasitas baterai New Leaf meningkat jadi 110 kW dengan jarak tempuh menjadi 400 km. Jarak tempuh ini bisa bertambah tergantung kondisi jalan yang dilaluinya. MIsalnya kondisi jalan menurun bisa membuat baterai terisi lagi karena ada energi degeneratif panas dari sistem pengereman yang diubah  menjadi tenaga listrik dan dialirkan kembali ke baterai.


"Kalau untuk garansi baterai, kami berikan garansi sebanyak 8 tahun atau 160 ribu kilometer. Tentunya ini jadi komitmen yang cukup lama dalam hal pelayanan purna jual untuk sistem penyimpang dan pemasok energi itu," imbuh Chief Vehicle Engineer for Nissan Leaf, Hiroki Isobe.

Lalu apakah ini menjadi modal kuat bagi Nissan untuk mempercepat langkah mereka dalam hal pemasaran produk mobil listriknya di Indonesia? semoga saja.



(UDA)