Daihatsu juga turut mengikuti anjuran pemerintah dengan akhirnya mengurangi jam kerja mereka selama pandemik virus korona ini berlangsung di Indonesia. Dok MI
Daihatsu juga turut mengikuti anjuran pemerintah dengan akhirnya mengurangi jam kerja mereka selama pandemik virus korona ini berlangsung di Indonesia. Dok MI

Industri Otomotif

Daihatsu Kurangi Produksi Mobil, Karyawan #StayAtHome

Otomotif industri otomotif Virus Korona daihatsu virus corona covid-19
Ekawan Raharja • 01 April 2020 12:03
Jakarta: Imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing (menjaga jarak) membuat sejumlah perusahan melakukan penyesuaian kerja. Daihatsu juga turut mengikuti anjuran pemerintah dengan akhirnya mengurangi jam kerja mereka selama pandemik virus korona ini berlangsung di Indonesia.
 
Merek asal Jepang ini kini mengambil langkah untuk berproduksi dengan 1 shift dan waktu produksi lebih singkat dari biasanya. Dengan demikian, karyawan pabrik bisa tetap tinggal di rumah secara bergantian. Walaupun mereka hanya bekerja 2 hari sekali, upah karyawan tetap dibayar penuh.
 
“Karyawan merupakan asset yang harus dilindungi. Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman yang optimal untuk karyawan di masa pandemic covid-19. Semoga pandemic global Covid-19 termasuk Indonesia bisa segera berakhir,” ungkap Corporate Planning & Communications Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, anak usaha Toyota ini juga telah melaksanakan beberapa kegiatan pencegahan untuk melindungi dan mencegah penyebaran virus corona. Daihatsu membuat tempat mencuci tangan di tempat-tempat yang mudah dijangkau yang membuat karyawan bisa lebih sering mencuci tangan. Selain itu sebelum memasuki area pabrik, seluruh karyawan juga dicek suhu tubuhnya.
 
Dalam rangka meningkatkan imunitas karyawan, perusahaan yang berafiliasi dengan grup Astra ini juga mengubah kebijakan fasilitas kesehatannya. Sekarang karyawan bisa melakukan pembelian vitamin secara bebas tanpa resep dokter. Tersedia juga fasilitas hotline 24 jam bagi karyawan yang ingin berkonsultasi atau bertanya yang akan dijawab langsung oleh dokter ahli. Upaya ini untuk memberi rasa aman bagi karyawan.
 
Jika ada karyawan yang demam, mereka harus masuk ke klinik yang sudah disediakan, dan apabila diperlukan, karyawan akan diberikan tes virus korona untuk memastikan apakah benar yang bersangkutan positif terjangkit. Mereka juga bisa mendapat akses menuju rumah sakit dengan ambulans yang disiapkan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif