Korea Selatan memberikan layanan drive-thru pemeriksaan virus korona. Youtube/AFP News Agency
Korea Selatan memberikan layanan drive-thru pemeriksaan virus korona. Youtube/AFP News Agency

Peristiwa Unik

Pengecekan Virus Korona Bisa Melalui Layanan Drive-Thru

Otomotif Virus Korona peristiwa unik
Ekawan Raharja • 05 Maret 2020 08:17
Goyang: Wabah virus korona belakangan ini membuat berbagai lapisan membuat kebijakan untuk mencegah penyebarannya. Bahkan di Korea Selatan sampai-sampai membuat layanan ?drive-thru untuk mengecek kondisi pengemudi mobil.
 
Lebih tepatnya pemerintah Korea Selatan membuat layanan drive-thru pemeriksaan virus covid-19 di Kota Goyang. Diakui oleh mereka, layanan ini terinspirasi dari restoran cepat saji dan akan mempermudah semua pihak untuk memeriksa kondisi masyarakat.
 
Nantinya, penumpang mobil cukup berhenti di tempat parkir di mana mereka bertemu dengan petugas kesehatan yang mengenakan jas hazmat. Penumpang tidak perlu turun dari mobil dan hanya membuka kaca jendela mobil seperti layaknya memesan makanan cepat saji melalui drive thru. Petugas kesehatan hanya mengambil sampel dari orang yang terinfeksi dengan memakai seragam khusus yang menutup seluruh badannya kecuali mata. Mereka akan memeriksa apakah mengalami demam atau kesulitan bernapas, setelah lolos tes maka dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan layanan ini lebih cepat dari pemeriksaan di rumah sakit karena hanya berlangsung selama 10 menit. "Saya awalnya pergi ke pusat kesehatan masyarakat dan harus menunggu lebih dari satu jam, jadi ini lebih mudah dan lebih cepat," kata seorang pengemudi seperti dikutip dari Channel News Asia.
 
Walikota Goyang, Lee Jae-Joon, mengklaim cara pemeriksaan ini lebih aman dan cepat untuk menguji virus di drive-through daripada di rumah sakit atau klinik kesehatan. "Tidak ada kontak tatap muka."
 
"Jika Anda mengoperasikan tempat pengujian di dalam ruangan, ada kekhawatiran bahwa pasien yang dicurigai dapat saling menginfeksi di ruang tunggu," tutur Lee Jae-Joon.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif